Benarkah Ketindihan Saat Tidur Disebabkan oleh Jin?

 
Benarkah Ketindihan Saat Tidur Disebabkan oleh Jin?

LADUNI.ID, Medan - Ketindihan mungkin bukan hal yang asing lagi bagi kita, karena bisa jadi sudah pernah mengalaminya. Mengacu dari berbagai informasi yang beredar di masyarakat, banyak ragam keterangan terkait hal ini.

Umumnya dikatakan, akibat ditindih makhluk gaib (bisa jin, kuntilanak dan sebagainya). Berbagai gejala yang dirasakan saat terjadi ketindihan; tidak bisa bergerak, sesak nafas, tidak bisa bersuara, muncul berbagai suara dan juga bayangan.

Sebenarnya, kalau ditilik secara syariat, tidak ada keterangan yang menjelaskan secara khusus terkait ketindihan ini akibat ditindih makhluk gaib. Hanya saja, beberpa hadist dan keterangan dari ulama ada yang mengatakan, jika mimpi tersebut mengandung unsur keburukan yang membuat kita takut bisa jadi pengaruh jin dan bisa juga tidak:

وَقَالَ الْقُرْطُبِيُّ فِي الْمُفْهِمِ ظَاهِرُ الْخَبَرِ أَنَّ هَذَا النَّوْعَ مِنَ الرُّؤْيَا يَعْنِي مَا كَانَ فِيهِ تَهْوِيلٌ أَوْ تَخْوِيفٌ أَوْ تَحْزِينٌ هُوَ الْمَأْمُورُ بِالِاسْتِعَاذَةِ مِنْهُ لِأَنَّهُ مِنْ تَخَيُّلَاتِ الشَّيْطَانِ فَإِذَا اسْتَعَاذَ الرَّائِي مِنْهُ صَادِقًا فِي الْتِجَائِهِ إِلَى اللَّهِ وَفَعَلَ مَا أُمِرَ بِهِ مِنَ التَّفْلِ وَالتَّحَوُّلِ وَالصَّلَاةِ أَذْهَبَ اللَّهُ عَنْهُ مَا بِهِ وَمَا يَخَافُهُ مِنْ مَكْرُوهِ ذَلِكَ وَلَمْ يُصِبْهُ مِنْهُ شَيْءٌ وَقِيلَ بَلِ الْخَبَرُ عَلَى عُمُومِهِ فِيمَا يَكْرَهُهُ الرَّائِي بِتَنَاوُلِ مَا يَتَسَبَّبُ بِهِ الشَّيْطَانُ وَمَا لَا تَسَبُّبَ لَهُ فِيهِ وَفِعْلُ الْأُمُورِ الْمَذْكُورَةِ مَانِعٌ مِنْ وُقُوعِ الْمَكْرُوهِ

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN