Tips Menghilangkan Cemas, Takut Tertular COVID-19

 
Tips Menghilangkan Cemas, Takut Tertular COVID-19

Assalamu'alaikum wr wb

Perkenalkan saya D,perempuan di Bandung. Beberapa waktu lalu saya cemas dari pagi soalnya dapat kabar tetangga meninggal mendadak tengah malem. Padahal mau ngadain pesta siangnya. Meninggal pas lagi ngiris sayur tiba-tiba batuk dan muntah darah trus meninggal, pak. Sempet dibawa ke RS terdekat buat dicek, katanya pecah pembuluh darah dan ga ada tanda covid. Saya jadi cemas kalau ternyata kena covid. Gimana cara hilangin cemasnya Pak? Terima kasih.

Wassalamu'alaikum wr wb

Jawaban:

Assalamu'alaikum wr.wb

Terima kasih sudah berbagi dengan kita di sini, Mba. Sebenarnya apa yang terjadi dengan tetangga Anda adalah hal wajar. Namun karena terjadi di tengah pandemi jadi tidak biasa dan memunculkan kecemasan akan covid.

Baca juga: Tips Mengontrol Anak Main HP di Masa Pandemi

Kecemasan hanya bisa diatasi dengan ketenangan. Oleh karena itu, hati Anda usahakan selalu tenang. Anda bisa melakukan upaya untuk tenang antara lain dengan rileksasi, meditasi atau dzikir.

Rileksasi

Ambil posisi senyaman mungkin, bisa duduk atau rebahan. Ambil nafas dalam-dalam lewat hidung lalu hembuskan lewat mulut. Lakukan itu berkali-kali hingga Anda rileks. Hembuskan nafas sehabis-habisnya hingga serileks mungkin Anda merasakan lemas di semua anggota badan. Lakukan berulang-ulang. Kalau sudah terbiasa, Anda bisa rileksasi di mana saja dalam posisi apa saja.

Meditasi

Anda bisa konsentrasi dengan duduk / tiduran sambil melakukan rileksasi tadi. Anda bisa sembari mendengarkan musik-musik meditasi. Searching di YouTube musik-musik frekuensi 432 Hz. Dengarkan dan rasakan sampai Anda menemukan tempat kedamaian Anda. Tiap kali Anda cemas, pergilah ke tempat imajiner itu.

Baca juga: Marah Saat Pandemi, Apa Solusinya?

Dzikir

Anda bisa melakukan ini di mana saja Dan kapan saja. Sebagai Latihan, duduk atau rebahan. Lalu dalam hati Anda ucapkan "Allah..Allah...." pelan-pelan ...ulangi terus menerus. Di mana saja dan kapan saja.

Gabungan, Anda bisa menggabungkan ketiganya bersama-sama.

Berpikir Positif

Berlatihlah untuk tetap berpikir positif terhadap segala hal. Misalnya menghadapi kasus tetangga Anda tersebut, Anda bisa berpikir "Oh jangan-jangan stroke", atau "Mungkin kena serangan stroke", atau "Belum tentu covid kalau begitu", dsb sehingga Anda bisa terus rasional dan tetap tenang.

Demikian Mba yang bisa saya sampaikan. Mudah-mudahan ada manfaatnya.

Wassalamu'alaikum wr.wb.

Salam hormat
Dr. Muhammad Fakhrurrozi, M.Psi