Cara Menyikapi Perasaan pada Lawan Jenis Menurut Islam

 
Cara Menyikapi Perasaan pada Lawan Jenis Menurut Islam

LADUNI.ID, Jakarta - Beberapa teman (laki-laki dan perempuan) dan termasuk juga saya sendiri, pernah mengalami hal yang sama, tentang perasaannya terhadap lawan jenisnya. Bagaimana cara menyikapinya? Yuk, simak.

Manusia memang sudah dilengkapi dengan benih-benih cinta (condong terhadap lawan jenisnya) sejak dalam penciptaanya. Jadi, tidak usah dihindari ataupun dilawan, bahkan dianggap tidak normal bila terlalu cepat dilanda perasaan seperti ini.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa, sangat penting dalam menjaganya agar tidak tergelincir ke jalan maksiat. Ya, sebenarnya ada tahapan-tahapan yang dilalui hingga perasaan itu benar-benar menjadi sebuah cinta.

1.  Terpikat: Hal ini akibat pengaktifan reseptor opiod yang terdapat dalam otak. Bisa saja dipicu oleh adanya hal-hal yang yang ia sukai dari seseorang tersebut. Misal, akhlaknya, kesopanannya, pola bicaranya, ilmunya dan lain-lain.

2. Kesmaran: Di tahap ini kamu selalu ingin berada didekatnya. Ya begitulah. Di situasi ini juga muncul euforia atau perasaan sangat gembira dan antusias berlebihan. Di saat inilah tubuh akan memicu produksi hormon dopamin, adrenalin, dan norepinefrin.

Tapi, tidak jarang terjadi stress. Ya, stress akibat diiringi rasa tegang. Kok ya saya tau ya? Yups, karena baca buku, eh baca pengalaman.

...

Dapatkan akses fitur artikel biografi dan chart geneology/ silsilah di Laduni.id secara berlangganan untuk mendukung keberlanjutan dan pengembangan Laduni.id.

Masuk ke Laduni