Biografi Syekh Muhammad Ahyad Bogor

 
Biografi Syekh Muhammad Ahyad Bogor

Daftar Isi Profil Syekh Muhammad Ahyad Bogor

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Pendidikan
  4. Mengajar di Masjidil Haram
  5. Karya-Karya

Kelahiran

Syekh Muhammad Ahyad lahir pada malam Rabu tanggal 21 Ramadhan 1302 atau bertepatan pada tahun 1884, di Bogor, Jawa Barat. Beliau merupakan putra dari Kiai Muhammad Idris ibn Abi Bakar bin Tubagus Mustofa al-Bakri al-Bughuri.

Wafat

Syekh Muhammad Ahyad wafat pada malam Sabtu tanggal 9 bulan Shafar 1372 (1952) dengan usia kurang lebih 70 tahun. Jenazah beliau dimakamkan di Ma’la.

Pendidikan

Dalam mendidikan putra-putrinya, Kiai Idris sangat mengutamakan pengajaran agama dibanding dengan yang lainnya. Ketika sendi-sendi ajaran Islam sudah tertanam baik, maka Kiai Idris memerintahkan anaknya seperti Ahyad untuk mengkaji pelajaran umum supaya antara ilmu agama dan umum dapat selaras dan seimbang.

Mulanya Ahyad menerima didikan ilmu agama dari ayahnya dan ulama-ulama yang ada di daerahnya. Dasar-dasar ilmu agama Islam seperti membaca Al-Qur’an, Nahwu, Sharaf, Fiqih, Hadist, dan lain-lain dikuasainya dengan baik. Metode menghafal, sorogon, dan bandongan selalu menjadi makanan keseharian Ahyad ketika masih dalam prosesi belajar di kampung halamannya.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya