Biografi Yaqut Al-Hamawi

 
Biografi Yaqut Al-Hamawi

Daftar Isi Profil Yaqut Al-Hamawi

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Pendidikan
  4. Karya-Karya

Kelahiran

Yaqut bin Abdullah atau yang kerap disapa dengan panggilan Yaqut Al-Hamawi lahir pada tahun 1179, di kota Hamah, Anatolia.

Wafat

Yaqut Al-Hamawi wafat pada tahun 1229 M.

Pendidikan

Sejak kecil, Yaqut Al-Hamawi oleh bapak angkatnya diberikan kesempatan untuk belajar Islam dengan baik dan bahasa Arab menjadi bahasa sehari-harinya, kemampuannya dalam seni prosanya tidak bernilai tinggi karena dia adalah orang asing.

Karya-Karya

Sejak muda Yaqut adalah orang yang suka pada pengetahuan. Dalam proses perjalanan ilmiahnya, Yaqut berhasil mengarang dua kitab penting yang sudah pasti bisa ditemukan di perpustakaan Arab manapun, yaitu Mu’jam Al-Udaba’, sebuah ensiklopedia yang mencakup materi sejarah peradaban dunia Islam dan tentang para pengarang besar bangsa Arab pada zamannya. Buku keduanya adalah Mu'jam Al-Buldan yang dikategorikan sebagai buku ensiklopedia geografi yang paling utama dalam sejarah manusia.

Yaqut membuat sebuah buku rujukan umum yang berisi tentang materi geografi yang dikenal pada zamannya khususnya setelah penjarahan tentara Mongol terhadap sebagian besar kekayaan dunia Islam, pembakaran buku yang sangat dahsyat termasuk diantaranya buku-buku geografi yang sangat penting pada waktu itu. Itulah dia akhirnya menulis buku Mu'jam Al-Buldan, buku Ensiklopedia Geografi berbahasa Arab yang paling bagus pada abad pertengahan.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya