Pesantren Al-Anwari Banyuwangi

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP1
MA/SMA0 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium2
Poli Kesehatan0 Koperasi1
Pesantren Al-Anwari Banyuwangi
Sumber Gambar: Foto istimewa

PROFIL

Awal berdirinya pada tahun 1983, merintis pengajian langgaran (musholla) disinilah awal dirintisnya Pondok Pesantren Al-Anwari. Sebelum menjadi pesantren, santri yang mengaji di langgar (mushola) terbilang masih sedikit yaitu hanya 7 orang, yang dihuni oleh santri Muqim dan Non-Muqim. Adapun santri muqim itu kamarnya hanya 2 yang berada di sebelah mushola. Selang satu tahun tepatnya pada tahun 1984 bilik atau kamarnya pun bertambah menjadi 4 yang berada di atas musholla. Jadi semua berjumlah 6 kamar dan ada tambahan yaitu tempat wudhu.

Tahun demi tahun Ponpes Al-Anwari semakin masyhur di masyarakat luas dikarenakan berkembangnya kualitas pendidikan di Pesantren Al-Anwari. Pada tahun 1985 Ponpes Al-Anwari resmi berdiri dengan adanya akte notaris dari LUBENAH S.H. dan dibentuk kepengurusan yayasan dengan ketua H. Abdul Fatah Allohuyarham.

Kemudian pada tahun 1985 mulai melakukan pembangunan asrama putri yang diketuai oleh bapak Nur Cholis, adapun biaya pembangunan asrama putri pada zaman itu terbilang sangat banyak yaitu Rp. 12.000.000.  Awal santri yang belajar di Ponpes Al-Anwari pada tahun 1983 hanya 7 orang, di tahun 1985 ini pun alhamdulillah sangat naik drastis yaitu sampai 100 orang.

Pengasuh

  1. KH. Abdul Wahid
  2. KH. Achmad Siddiq S.Ag,M.HI

Baca juga : 

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.