Amalan Meraih Husnul Khotimah

 
Amalan Meraih Husnul Khotimah
Sumber Gambar: Foto (ist)

LADUNI.ID Jakarta – Husnul khotimah menjadi tujuan terakhir setiap manusia. Karena dalam memanjatkan doa husnul khotimah sering dipanjatkan serta menjadikan sebagai motivasi untuk diraihnya.

Baca Juga: Amalan Surat Al-Fatihah Pemberian KH. Abdul Hamid Pasuruan

Secara Bahasa, husnul khotimah adalah akhir yang baik. Menjadi tujuan semua orang berakhir dengan akhir yang baik. Namun untuk meraih husnul khotimah tidaklah mudah, terdapat proses dan persiapan yang matang. Berikut amalan meraih husnul khotimah dari kitab Bughiyatul Mustarsyidin, Hal 49.

فائدة: نقل عن القطب الحدَّاد أن مما يوجب حسن الخاتمة عند الموت أن يقول بعد المغرب أربع مرات: أستغفر الله الذي لا إله إلا هو الحي القيوم الذي لا يموت وأتوب إليه، ربّ اغفر لي.

وعن بعض العارفين من قال بعد صلاة المغرب أيضاً قبل أن يتكلم: اللهم صلّ على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه بعدد كل حرف جرى به القلم عشر مرات مات على الإيمان اهـ حدائق الأرواح لباسودان.

Baca Juga: Amalan Pelunas Hutang Oleh Habib Ali Bungur

Sebuah faidah : Dinukil dari Al-Quthb Al-Haddad ” Bahwa sebagian dari amalan untuk meraih khusnul khotimah adalah membaca kalimah berikut sebanyak 4 x setelah sholat maghrib”

أََسْتَغْفِرُ اللهَ الَّذِيْ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيّ ُالْقَيُّوْمُ الَّذِيْ لَا يُمٌْوْتُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ، رَبِّ اغْفِرْ لِيْ

( Astaghfirullahal ladzi Laa ilaaha illaa huwal hayyul qoyyum, Al-ladzi laa yamutu wa atubu ilaihi ,Robbighfir li )

Baca Juga: Dua Amalan Surga yang Banyak Ditinggalkan

Artinya : Aku mohon ampun kepada Allah , Dzat yang tiada tuhan kecuali Dia Yang  Maha Hidup Yang terus menerus Mengurus (makhluk-Nya),Yang tidak akan pernah mati , Aku sungguh bertaubat pada-Nya , Ya Allah Ampuni dosa-dosaku.

Dan dinukil dari Ulama ahli ma’rifat billah : Siapa saja yang membaca kalimat berikut 10 x setelah sholat maghrib,sebelum mengucapkan kalimat yang lain , maka ia akan wafat dalam keimanan

Baca Juga: Menziarahi Makam Wali adalah Amalan Para Wali

اَللُهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ بِعَدَدِ كُلِّ حَرْفٍ جَرَى بِهِ الْقَلَمُ

( Allahumma sholli ‘ala sayyidina Muhammadin wa ‘ala aalihi wa shohbihi bi’adadi kulli harfin jaro bihil qolamu.