Tiga Suku Mata Biru di Indonesia Suku Lingon, Lamno, dan Simpou

 
Tiga Suku Mata Biru di Indonesia Suku Lingon, Lamno, dan Simpou
Sumber Gambar: Foto (ist)

Laduni.ID Jakarta  – Suku bangsa di Indonesia memang sangat beragam mulai dari Sabang sampai Merauke. Bahkan, beberapa suku diantaranya sangat unik karena punya mata biru yang mirip dengan bangsa Eropa.

Baca Juga: SGTP: Antusiasme Warga Suku Kokoda Papua Memperingati Isra’ Mikraj

Sebagai negeri yang menjadi tujuan para penjelajah dunia, indonesia sejak zaman dahulu banyak disinggahi oleh bangsa-bangsa Eropa yang kemudian menetap dan menikahi penduduk asli Indonesia, sehingga menghasilkan peranakan bermata biru dan kulit putih seperti orang Eropa. Berikut ini suku yang punya mata biru.

Berikut ini ada 3 (tiga ) suku di indonesia yang punya keunikan karena mempunyai mata biru. Ketiga suku tersebut di kenal.sebagai Suku Lingon di Halmahera, Suku Lamno di Aceh dan Suku Simpou di Buton Selatan Sulawesi Tenggara.

Kehadiran suku bermata biru karena adanya pernikahan silang antara para pedagang Bangsa Asing dengan warga setempat.

Baca Juga: Menimbang Untung Rugi Suku Bunga Tetap dan Mengambang di Masa Pandemi

1. Suku Lingon Halmahera

Asal usul suku lingon berawal karena ada kapal dagang bangsa asing yang kandas dan rusak. Mereka memasuki pedalaman Halmahera dan akhirnya berbaur dan menikah dengan warga setempat. Keturunan mereka kemudian mempunyai ciri khas bermata biru atau hijau yang dikenal dengan suku Lingon.

2. Suku Lamno Aceh

Di mulai sejak Selat Malaka di kuasai Portugis, kemudian mereka banyak berdagang di Lamno dan banyak yang menikahi warga setempat. Anak keturunan mereka disebut Suku Lamno.

Baca Juga: Ustadz Program Santri Goes To Papua Diangkat Sebagai Anak Adat Suku Kokoda

3. Suku Simpou Buton Selatan Sulawesi Tenggara

Sementara suku Buton diawali dengan perdagangan Bangsa Portugis di wilayah tersebut dan akhirnya banyak yang menikahi warga setempat. Anak mereka di kenal sebagai Suku Simpou yang mempunyai Warna Bola mata Biru atau Hijau.