Pesantren Nurul Falah Kaung Caang Banten

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Pesantren Nurul Falah Kaung Caang Banten

PROFIL 

Secara geografis letak Nurul Falah desa Kaung Caang berjarak 4 km dari kecamatan Cadasari kabupaten Pandeglang sebelah barat yang menghubungkan antara kota serang dengan kota Labuan, kemudian dari Nurul Falah desa Kaung Caang kerah timur sekitar 7 km menghubungkan kecamatan Petir-Serang dengan Kecamatan Oteng kabupaten Rangkas Bitung merupakan jalur penghubung antara kota Serang dengan kecamatan Oteng Rangkas Bitung. Jadi, letak Pondok Pesantren Nurul Falah berada di terngah- tengah antara dua pusat kota yaitu kota Serang dan kota Padeglang Propinsi Banten. 

SEJARAH

Kehadiran pemerintahan kolonial Belanda yang menjajah bangsa Indonesia selama puluhan tahun membuat sebagian besar bangsa Indonesia terutama di daerah pedesaan yang buta huruf tidak bisa membaca dan menulis baik latin maupun arab dan keadaan yang sama terdapat pula di lingkungan masyarakat Kaung Caang, melihat kenyataan di masyarakat yang sebagian besar buta huruf tersebut maka pada saat yang tepat tampil seorang pemuda yang gagah berani yaitu KH. M Chaedar yang sudah menimba ilmu pengetahuan agama yang telah dianggap layak dan mampu untuk mengembangkan ilmunya, siap untuk memberantas buta huruf dan sekaligus siap membasmi kemaksiatan serta Data diperoleh dari Kelurahan Kaung Caang, Pandeglang, 27 November 2008.

“Kejawaraan” yang cenderung bersikap premanisme yang mengganggu ketentraman dan ketenangan masyarakat. Untuk mewujudkan niat dan tekadnya merealisasikan visi dan misinya sebagai seorang da’ipendakwah, pada tahun 1952, beliau mendirikan pondok pesantren atas dukungan masyarakat disekitarnya yang mempelopori dan mendukung terhadap niat KH. M. Chaedar yaitu: H. Akhyar, H.Acuk, H. Anggawi yang ternyata mendapat dukungan yang menggembirakan dari para tokaoh masyarakat dan masyarakat kaungcaang.

Bahkan mereka tidak ragu-ragu untuk mewakafkan tanahnya untuk kepentingan tempat belajar para sanrti, kemudian pesantren yang di bangun dan dikembangkan oleh KH. M. Chaedar yang terletak di Kaung Caang Jalan raya Cadasari-Rego km-2 Pandeglang Banten itu di berinama pondok pesantren Nurul Falah yang berarti cahaya kemenangan.

Sejak berdirinya pondok pesantren Nurul Falah pada tahun 1952, telah banyak mengalami perubahan ke arah yang lebih baik yang kulturnya kejawaraan dan premanisme menuju kepada masyarakat yang akhlakul karimah, dengan keadaan itu KH. M Chaedar mendapat kepercayaan dari para orang tua di masa itu untuk mengirimkan putra-putrinya untuk menimba ilmu di pondok pesantren Nurul Falah. Dan dari tahun ke tahun hingga kini pesantren Nurul Falah mengalami kemajuan yang begitu progresif dan namanya pun cukup dikenal di wilayah Banten dan luar Banten bahkan sampai ke sebrang Jawa yaitu Sumatra, Lampung dan Palembang yang mempercayakan kepada KH. M. Chaedar oleh pihak orang tua untuk membagi ilmu pengetahuan kepada para santri untuk menimba ilmu agama.

Pengasuh

  1. KH. M Chaedar

Baca juga :  Universitas Islam Nusantara (UNINUS) Bandung

PENDIDIKAN

​​Pendidikan Formal

  1. MTs
  2. MA

​​Pendidikan Non Formal

  1. Tahfidzul Qur'an
  2. Madrasah Diniyah
  3. Majelis Taklim 

Baca juga :  Menyemir Rambut dengan Warna Hitam, Bolehkah?

EKSTRAKURIKULER

Pesantren ini memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut:

  1. Olahraga (Voli, basket, futsal/sepakbola)
  2. Pramuka
  3. PMR
  4. Paskibra
  5. Sains Club
  6. Marawis
  7. IPNU/IPPNU
  8. Banser
  9. Pencak silat
  10. Jurnalistik

 


Hadrah di Pesantren Nurul Falah Kaung Caang 


Praktek komputer di Pesantren Nurul Falah Kaung Caang 

FASILITAS

Pesantren ini memiliki fasilitas sebagai berikut:

  1. Gedung Sekolah
  2. Gedung Asrama
  3. Perpustakaan
  4. Lab. komputer
  5. Lab. IPA
  6. Lab. Bahasa
  7. Hot Spot Area
  8. Asrama Putra dan Putri
  9. Media Pembelajaran Interaktif
  10. Beasiswa

 


Gedung Sekolah di pesantren Nurul Falah Kaung Caang 


Gedung pesantren di pesantren Nurul Falah Kaung Caang 


Baca juga :   STAI Yamisa Soreang Kab. Bandung

ALAMAT

Desa Kaung Caang Kecamatan Cadasari Kabupaten Pandeglang Banten

Kode Pos       :   42251

Telepon          :  0838-4159-9693

                          0819-1177-1916


                          



                        


 

                           

 

 

 

KUNJUNGI JUGA

 

 

Yuk Ngaji Qur’an yang dilengkapi terjemah dan penjelasan di Laduni

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.