Tiga Hal yang dapat Merusak Keikhlasan

 
Tiga Hal yang dapat Merusak Keikhlasan
Sumber Gambar: foto (ist)

Laduni.ID Jakarta – Dengan beramal sholeh bahwa menunjukan seseorang beriman kepada Allah Swt hingga hari pembalasan kelak. Namun terdapat amalan yang dapat merusak keikhlasan sehingga menyebabkan amalan tersebut bisa saja tidak diterima oleh Allah Swt.

Ikhlas merupakan amalan hati yang sangat penting. Karena ikhlas menjadi pokok dari agama Islam. Di samping itu juga ikhlas menjadi inti sari dan ruh dari ibadah. Maka amalan ibadah yang sesuai tuntunan Nabi Saw tidak akan diterima oleh Allah kecuali apabila dilakukan dengan niat yang ikhlas. Ada beberapa hal yang bisa merusak keikhlasan yaitu:

Riya’ ialah memperlihatkan suatu bentuk ibadah dengan tujuan dilihat manusia, lalu orang-orangpun memujinya. Terdapat bentuk detail dari perbuatan riya’ yang sangat tersembunyi, atau disebut dengan riya’ khafiy’ yaitu:

1. Seseorang sudah secara diam-diam melakukan ketaatan yang ia tidak ingin menampakkannya dan tidak suka jika diketahui oleh banyak orang, akan tatapi bersamaan dengan itu ia menyukai kalau orang lain mendahului salam terhadapnya, menyambutnya dengan ceria dan penuh hormat, memujinya, segera memenuhi keinginannya, diperlakukan lain dalam jual beli (diistimewakan), dan diberi keluasan dalam tempat duduk. Jika itu semua tidak iadapatkan ia merasa ada beban yang mengganjal dalam hatinya, seolah-olah dengan ketaatan yang ia sembunyikan itu ia mengharapkan agar orang selalu menghormatinya.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN