Keris Dalam Perut Kyai Hamid

 
Keris Dalam Perut Kyai Hamid
Sumber Gambar: foto (ist)

Laduni.ID Jakarta - Banyak orang yang mengenal Kyai Hamid dari segi kewaliannya, kezuhudannya, kewara'annya, kekaromahannya, dan lain sebagainya. Akan tetapi semua itu tak luput dari dua sifat yang khas dari beliau yaitu kesabaran dan ketawadlu'an, yang memang menjadi sifat keseharian Kyai kelahiran Lasem tersebut.

Baca Juga: Karomah Doa Mbah Hamid Pasuruan

Waktu Kyai Hamid masih terbilang baru di kota Pasuruan, kehidupan beliau tidak secara tiba-tiba disegani, dihormati, dan dicintai oleh masyarakat. Banyak sekali orang yang hasud kepada putra Kyai Abdulloh ini, akan tetapi, itu semua tidak pernah diambil pusing oleh beliau. Sifat sabar dan penuh tawakal itulah yang selalu beliau pakai untuk menghadapi semua itu.

Pernah pada suatu ketika, Kyai Hamid memanggil KH. Abdurrohman yang masih adik ipar beliau sendiri, ke Ndalemnya. Setelah masuk, Kyai Abdurrohman ini langsung duduk di depan Kyai Hamid yang sedang duduk di atas tempat tidurnya, "Man…kowe arep tak kei weroh… tapi kowe ojo ngomong nang sopo-sopo yo!" (Man… kamu mau aku beri tahu, tapi kamu jangan bilang ke siapa-siapa ya!) kata Kyai Hamid, "Inggeh Kyai", jawab Kyai Abdurrohman singkat.

Setelah menjawab demikian, akhirnya tak lama Kyai Hamid membuka baju yang dikenakannya, dan ternyata 

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN