Syekh Muhammad Ali as Shabuni, Mufassir dengan 10 Karya Tafsir

 
Syekh Muhammad Ali as Shabuni, Mufassir dengan 10 Karya Tafsir
Sumber Gambar: Facebook M Afifudin Dimyathi

Laduni.ID, Jakarta – Syekh Muhammad Aly as Shabuni adalah salah satu ulama paling produktif di abad 21, beliau lahir di Suriah thn 1928 M, dan wafat di Turki tahun 2021 M, alumni fakultas Syariah Islamiyah Universitas al Azhar 1952 M, dan menjadi Guru Besar Ilmu Tafsir di Universitas Ummul Quraa, Makkah dan Universitas King Abduk Aziz. Di samping itu beliau juga menjabat ketua Asosiasi Cendikiawan Suriah dan kepala Pusat Kajian Akademik dan Pelestarian Warisan Islam.

Karya-karya beliau menjadi rujukan di berbagai penjuru dunia, dengan oplah cetak ratusan ribu eksemplar, di antara 57 kitab yang disusunnya, 10 di antaranya adalah karya Tafsir atau berkaitan dengan tafsir. Hal ini menegaskan anggapan bahwa beliau adalah mufassir dengan karya tafsir terbanyak dalam abad ini.

Berikut beberapa karya tafsir beliau: 

  1. Shofwatut Tafaasir

Tafsir ini diterbitkan pertama kali tahun 1979 M dalam tiga jilid, disusun dengan memadukan ma’thur dan ma’qul dengan merujuk ke berbagai kitab tafsir seperti tafsir Thabari, al Zamakhsyari, al Alusy, Ibnu Kathir, Abu Hayyan.

Beliau menggunakan bahasa yang mudah dipahami, ungkapan yang ringan dan pola penyajian baru dalam tafsir ini, dengan cara menampilkan kandungan dan tujuan surah secara global, tafsir per-kalimat, munasabah antar ayat dan surah, kajian kebahasaan, sabab nuzul jika ditemukan, kajian balaghah al Qur’an, beberapa faidah dari ayat serta lathifah-lahifah yang menjelaskan rahasia pemilihan ungkapan al Qur’an.    

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN