Kenapa Ilmu Lebih Utama dari Ibadah Sunah

 
Kenapa Ilmu Lebih Utama dari Ibadah Sunah
Sumber Gambar: Foto (ist)

Laduni.ID Jakarta – Seperti yang telah disebutkan dalam berbagai hadist, wajib bagi setiap umat Muslim untuk menuntut ilmu. Sebab, ilmu adalah kunci dari segala kebaikan. Dalam Islam, tak akan sempurna agama dan amal ibadah seorang Muslim tanpa didasari dengan ilmu.

Imam Syafi’i pernah berkata, yang artinya adalah: "Belajarlah karena tidak ada orang yang terlahir dalam keadaan berilmu."

Baca Juga: Meraih Keberkahan dalam Menuntut Ilmu

Kemudian, diantara bentuk keutamaan ilmu dan agungnya ilmu adalah “Menuntut ilmu lebih baik daripada ibadah-ibadah sunnah.” Ibnu Nuaim dan Ulama–ulama yang lainnya menyebutkan dari beberapa sahabat Rasulullah shallahu ‘alaihi wasallam beliau berabda,

قال رسول الله صلى الله عليه وسلم, فضل العلم أفضل من فضل العبادة وخير دينكم الورع

“Keutamaan ilmu itu jauh lebih baik di bandingka dengan amal amalan yang hukumnya sunnah, dan agama kalian yang paling baik adalah al wara’ (menjauhi syubhat dan maksiat). (HR. Abu Nuaim di dalam kitabnya Hilyatul aulia’)

Dan dalam riwayat lain yang diriwayatkan dari Abu Dzarrin dan Abu Hurairah RA berkata: satu bab ilmu yang kami pelajari lebih kami sukai daripada 100 rakaat shalat sunnah, dan satu bab ilmu yang kami ajarkan, “baik diamalkan atau tidak” lebih kami sukai daripada shalat sunnah 100 rakaat). (HR: Bukhāry di kitab Tārīkh Kabīr)

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN