Tiga Resep Kebahagiaan Hidup Gus Baha'

 
Tiga Resep Kebahagiaan Hidup Gus Baha'
Sumber Gambar: Istimewa, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID Jakarta - Secara umum, naluri setiap orang pasti ingin mendapat kebahagian hidup. Dapat dipahami, bahwa hidup bahagia bisa dicari dengan cara masing-masing individu, sebab standar kebahagian seseorang juga berbeda, karena kebahagiaan itu hakikatnya ada di dalam hati, bukan hanya pada sekadar materi.

Namun demikian, kebahagiaan itu dapat diraih dengan dasar ilmu. Menurut Gus Baha', ada beberapa hal yang dapat memicu datangnya kebahagiaan hidup seseorang. Kebahagiaan di sini dalam arti yang sebenarnya dengan pedoman ilmu agama. 

Dalam sebuah ceramah yang banyak tersebar di media sosial, Gus Baha' mengatakan bahwa bahagia itu wajib dan perlu dilatih, sebab hal itu merupakan perintah, sebagaimana yang di jelaskan dalam Al-Quran Surat Yunus ayat 58, Allah SWT berfirman:

قُلْ بِفَضْلِ اللَّهِ وَبِرَحْمَتِهِ فَبِذَٰلِكَ فَلْيَفْرَحُوا هُوَ خَيْرٌ مِمَّا يَجْمَعُونَ

“Dengan karunia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Karunia dan rahmat Allah itu lebih baik daripada yang mereka kumpulkan.”

Sebab itu, kata Gus Baha, bergembira merupakan karunia dan kasih sayang Allah. Lantas bagaimana caranya agar memperoleh kebahagiaan itu? Ada tiga cara yang disampaikan Gus Baha', sebagaimana berikut ini:

1. Latihlah bahagia dengan kebaikan

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN