Tujuan dan Pandangan Ulama tentang Doa

 
Tujuan dan Pandangan Ulama tentang Doa
Sumber Gambar: ilustrasi doa/RODNAE Productions/Pexels/Laduni.id

Laduni.ID Jakarta – Tujuan berdoa adalah memohon hidup selalu dalam bimbingan Allah SWT, agar selamat dunia akhirat, untuk mengungkapkan rasa syukur kepada Allah SWT, dan meminta perlindungan Allah dari setan yang terkutuk.

Orang yang sedang berdo’a kepada Allah SWT. itu tujuan utamanya adalah bukan hanya sekedar mengajukan permohonan atau pun permintaan saja kepada Allah SWT., akan tetapi tujuan utamanya adalah menyerahkan segala perkara itu hanya kepada Allah SWT. serta-rela untuk menerima atas pembagian Allah SWT, tidak merasa kurang atau pun merasa kecil, serta tidak meminta apa yang bukan menjadi haknya.

Dan sesungguhnya Allah SWT. mengharapkan kepada hamba-Nya dikala berdo’a atau bermunajat itu adalah adab kesopanan atau pun budi pekerti seorang hamba.

Baca Juga: Hukum Berdoa dengan Permohonan yang Mustahil Tercapai

Dalam hal semacam ini adalah bagaikan seorang majikan akan memenuhi segala kebutuhan atau keperluan dari budak nya, jika si budak atau pembantunya itu telah menyerahkan sepenuhnya kepada majikannya.

Demikian halnya dengan Allah SWT., akan memenuhi segala hajat hamba-Nya jika hamba itu mau menyerahkan secara bulat-bulat kepada kekuasaan Allah SWT. serta tidak mau minta-minta apa yang bukan menjadi hak milik dari si hamba tersebut.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN