China: Negara Pertama Dianugerahi Sertifikasi Bebas Malaria oleh WHO

 
China: Negara Pertama Dianugerahi Sertifikasi Bebas Malaria oleh WHO
Sumber Gambar: WHO (Foto ist)

Laduni.ID Jakarta - China telah dianugerahi sertifikasi bebas malaria dari WHO, suatu prestasi penting bagi negara yang melaporkan 30 juta kasus penyakit setiap tahun pada 1940-an.

“Hari ini kami mengucapkan selamat kepada orang-orang China yang telah membersihkan negara dari malaria,” kata Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal WHO.

“Keberhasilan mereka diperoleh dengan susah payah dan datang hanya setelah beberapa dekade tindakan yang ditargetkan dan berkelanjutan. Dengan pengumuman ini, China bergabung dengan semakin banyak negara yang menunjukkan kepada dunia bahwa masa depan bebas malaria adalah tujuan yang layak tambahnya”.

Baca Juga: Menguak Isu TKA China Menguasai Indonesia dari Kunjungan Rombongan DPR RI

China adalah negara pertama di Wilayah Pasifik Barat WHO yang dianugerahi sertifikasi bebas malaria dalam lebih dari 3 dekade. Negara-negara lain di kawasan yang telah mencapai status tersebut Australia (1981), Singapura (1982) dan Brunei Darussalam (1987).

“Selamat kepada China atas pemberantasan malaria,” kata Dr Takeshi Kasai, Direktur Regional, Kantor Regional Pasifik Barat WHO. “Upaya tak kenal lelah China untuk mencapai tonggak penting ini menunjukkan betapa kuatnya komitmen politik dan penguatan sistem kesehatan nasional dapat menghasilkan penghapusan penyakit yang dulunya merupakan masalah kesehatan masyarakat yang utama. Pencapaian China membawa kita selangkah lebih dekat menuju visi Kawasan Pasifik Barat yang bebas malaria.”

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN