Kisah Dibalik Senandung Adzan

 
Kisah Dibalik Senandung Adzan
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID (ist)

Laduni.ID, Jakarta – Sayidina Abdullah bin Zaid sedikit merasakan kejanggalan atas apa yang ia lihat dalam mimpinya. Merasa bingung atas maksud serta tafsir dari apa yang dia lihat dalam mimpinya.

Syari'at Islam mulai nampak di atas permukaan setelah hijrahnya Rasulullah SAW ke kota Madinah. Karena sebelum hijrah, syari'at hanyalah sebuah kepercayaan serta ajaran yang dianut sekelompok orang saja, bahkan mayoritas penganutnya hanya dari kalangan orang-orang yang lemah.

Hal tersebut disebabkan karena diskriminasi, tekanan serta penganiayaan yang dilakukan oleh kafir Quraisy (penduduk Mekkah) terhadap pemeluk agama Islam. Semenjak kedatangan Rasulullah SAW beserta rombongan Muhajirin ke Madinah, syiar Islam sedikit demi sedikit mulai muncul ke permukaan, contohnya semisal, “Sholat berjamaah di Masjid Nabawi.”

Hari demi hari terlaksananya sholat berjamaah ini, para sahabat merasa ada sedikit kendala, yaitu, “Bagaimanakah cara ataupun upaya untuk mengumpulkan penduduk sekitar agar bisa melakukan sholat berjamaah secara serentak? Tanda atau kode apa yang akan digunakan sebagai isyarat datangnya waktu sholat serta akan ditegakkannya sholat jamaah?”

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN