Inspirasi dalam Membahagiakan Orang Lain

 
Inspirasi dalam Membahagiakan Orang Lain
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Setiap orang memiliki pandangan berbeda tentang apa dan bagaimana itu bahagia. Pada dasarnya, bahagia adalah kumpulan dari perasaan senang, tenang, nyaman dan indah yang lahir dari hati dan pikiran.

Manusia sebagai makhluk perasa, bahagia bisa menjadi hal yang sangat berpengaruh dalam menentukan kondisi dan keadaan seorang manusia. Tak heran, bila semua orang ingin bahagia, seolah-olah kebahagiaan merupakan tujuan dari hidup mereka. Dan cara merasakan kebahagiaan masing-masing orang tentu berbeda, tergantung cara pandang menjalani hidupnya.

Kebahagiaan adalah bagian hidup yang penting dan memang layak untuk diraih dan dipertahankan oleh setiap orang. Lalu bagi orang yang beriman, muncullah kesadaran bahwa tak hanya bahagia di dunia semata, melainkan juga di kehidupan selanjutnya yang abadi, yaitu kebahagiaan di akhirat kelak.

Dalam menjalani kehidupan ini, seyogyanya kita tidak hanya berpikir bagaimana hidup kita bisa bahagia, tetapi juga termasuk bagaimana bisa memberikan kebahagiaan kepada orang lain. Sebab membahagiakan orang lain, manfaatnya adalah bisa meringankan beban yang ada dipikiran, atau setidaknya kita telah bersimpati. Hal itu, dikarenakan oleh energi positif yang lahir dari hati saat menyenangkan orang lain, dan hal tersebut akan ikut mempengaruhi pikiran kita, sehingga beban yang ada di dalam pikiran akan menjadi lebih ringan dari sebelumnya.

Orang yang membuat orang lain bahagia, tentunya akan mendapat pahala dari Allah SWT, karena telah melakukan perbuatan terpuji kepada sesamanya. Sebagaimana yang telah banyak dijelaskan, bahwa membuat orang lain bahagia merupakan akhlak terpuji yang dicintai oleh Allah SWT.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN