Kerancuan Badrusalam Lagi: Tentang Imam Baihaqi, Ibnu Kullab dan Penafian Kaifiyah

 
Kerancuan Badrusalam Lagi: Tentang Imam Baihaqi, Ibnu Kullab dan Penafian Kaifiyah
Sumber Gambar: Kiai Abdul Wahab Ahmad

Laduni.ID, Jakarta – Saya betul-betul tidak habis pikir dengan Ustadz satu ini. Sudah dua kali saya menulis khusus tentang bagaimana dia sengaja berbohong, mengarang redaksi sendiri lalu dinisbatkan pada para Imam. Silakan cek tulisan saya sebelumnya. Saya sebenarnya betul-betul berharap dia sadar, tapi hidayah memang hanya milik Allah. Hanya video kebohongannya yang dihapus setelah dikritik, tetapi sifat suka menyelewengnya masih saja dipertahankan.

Kali ini dia kembali mengulangi kesalahan yang sama, lagi dan lagi. Seperti dapat anda lihat di SS, ada tiga poin kerancuan (kalau tak mau dibilang kebohongan) yang dia lakukan, yakni:

1. Di bagian komentar dia berkata bahwa Imam Baihaqi termasuk ulama yang terpengaruh Kullabiyah, mengingkari sifat Fi'liyah Allah.

Ini ada kebohongan yang nyata, atau kita bisa memakai istilah jahil murakkab bila masih husnudzon bahwa dia tidak bohong. Dalam kitabnya, al-Asma' was-Shifat, Imam Baihaqi menjelaskan bahwa sifat-sifat Allah dibagi menjadi dua, yakni sifat Dzatiyah dan Sifat Fi'liyah. Saya pernah mengulas keterangan Imam Baihaqi ini di NU...

Dapatkan akses fitur artikel biografi dan chart geneology/ silsilah di Laduni.id secara berlangganan untuk mendukung keberlanjutan dan pengembangan Laduni.id.

Masuk ke Laduni