Gus Nadir: Kiai Hasyim Muzadi Membawa Jokes yang Menggambarkan Fenomena

 
Gus Nadir: Kiai Hasyim Muzadi Membawa Jokes yang Menggambarkan Fenomena
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID (ist)

Laduni.ID, Jakarta – Pak Kiai Hasyim Muzadi (Allah yarham) kalau bicara sangat pintar. Bicaranya kalem, tidak berapi-api, tapi khas ulama NU yang menyelipkan jokes tanpa diduga dan membuat pendengarnya tertawa.

Banyak jokes-nya yang bertebaran, ini kami kutip sebagian:

“Ilmu itu universal, bukan soal agama. Kristen belajar kedokteran ya jadi dokter. Orang NU gak belajar, ya jadi dukun.”

Di sini beliau menekankan pentingnya umat Islam untuk terus belajar dan jadi pintar. Banyak yang salah kaprah soal ilmu ini. Dikiranya kalau sudah belajar ilmu agama terus bakal paham semua ilmu. Peradaban Islam dulu maju lewat kecintaan pada ilmu, kalau sekarang tertinggal dengan yang lain, ya itu karena pihak lain itu yang sekarang mencintai ilmu.

Beliau sering pula mengambil contoh kenapa negeri non-Muslim kok lebih nyaman, aman dan tertib. Seharusnyakan kita sebagai umat Islam bisa lebih menerapkan substansi ajaran Islam. Beliau melempar jokes:

“Di Jepang barang yang hilang bisa ketemu. Di Indonesia, barang yang ada bisa hilang semua!”

Beliau tidak setuju kalau Islam-nya yang disalahkan, tapi beliau juga tidak mau kita umat Islam hanya ngeles dan lari dari kenyataan ini. Mungkin salah satu sebabnya karena kita sibuk berdebat soal dalil. Dalam konteks inilah beliau yang dua puluh tahun mendampingi Gus Dur, bercerita soal Gus Dur dan dalil:

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN