Viral Video Lawas Kiai Said Terangkan Kata ‘Ada’ Bagi Allah, Ini Penjelasan Kiai Abdul Wahab Ahmad

 
Viral Video Lawas Kiai Said Terangkan Kata ‘Ada’ Bagi Allah, Ini Penjelasan Kiai Abdul Wahab Ahmad
Sumber Gambar: Capture/YT TVNU

Laduni.ID, Jakarta – Baru-baru ini beredar sebuah unggahan video pendek Ketua Umum PBNU, KH. Said Aqil Siraj menerangkan tentang kata “Ada” bagi Allah dalam Al-Quran. Video tersebut diunggah oleh akun Instagram Steven Indra Wibowo, @steven.indra.wibowo yang merupakan video lawas pada tahun 2020. Sedangkan statement Kiai Said tersebut disampaikan pada 11 April 2019.

Dalam video tersebut Kiai Said menjelaskan kata “Ada” bagi Allah dalam Al-Quran. “Tidak ada ayat Quran yang menerangkan ‘Allah itu ada’,” ujar Kiai Said.

“Sekarang saya tanya, Allah itu ada gak? Mana dalilnya?” tanya Kiai Said.

“Menurut Imam Asy’ari gimana? Nah ini, ‘Kita ini sebenarnya tidak ada, tapi kita ini diadakan oleh yang ada, yang ada sebelum lafal ada itu ada, sudah ada. Bahkan kita menggunakan lafal ada karena ada yang ada, atau kita menggunakan lafal tidak ada karena ada yang ada, maka yang ada hanyalah yang ada.’ Pasti gak paham,” jelas Kiai Said.

Diunggahannya, Steven mempertanyakan statement Kiai Said mengenai “tidak ada ayat Quran yang menyatakan Allah itu ada”.

Dia juga mengutip beberapa ayat dalam Al-Quran seperti Surat Al A’raf ayat 54, Surat Yunus ayat 3, Surat Ar Rad ayat 2, Surat Thaha ayat 5, Surat Al Furqan ayat 59, dan Surat Al Hadid ayat 4.

“Contohnya di Quran Surah Al A'raf ayat 54, ‘Sungguh, Tuhanmu (adalah) Allah yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas 'Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat. (Dia ciptakan) matahari, bulan dan bintang-bintang tunduk kepada perintah-Nya.’ Di ayat ini menyatakan keberadaan Allah sehingga seharusnya Allah itu ada di 'Arsy-Nya,” tulis Steven (21/9/2021).

Unggahan tersebut mengundang banyak komentar, salah satunya ialah Ustad Derry Sulaiman, mantan gitaris Betrayer. Ia mengatakan bahwa statement Kiai Said tidak bisa dipahami hanya dengan melihat potongan video yang pendek.

Laa mawjud illallah, tak ada yang ada selain Allah… yang ada hanya Allah… Allah itu sudah ada, sebelum kata kata ada itu ada dan Allah akan tetap ada setelah kata kata ada itu sudah tidak ada lagi… Laa ilaaha illallah. Afwan… Perkataan Kiyai Said ini tinggi ko, ga bisa dipahami hanya dengan mendengar potongan ceramah yang pendek ini… respect,” tulis Ustaz Derry Sulaiman menanggapi unggahan tersebut dalam kolom komentar.

Menanggapi unggahan tersebut, Kiai Abdul Wahab Ahmad, peneliti di Aswaja NU Center PWNU Jawa Timur dan Pengurus Wilayah Lembaga Bahtsul Masail (LBM) Jawa Timur mengatakan bahwa yang dimaksud oleh Kiai Said adalah kata “ada” atau kata “wujud”, bukan makna bahwa Allah itu wujud.

Dalam unggahan Facebook terbarunya (22/9/2021), Kiai Abdul Wahab juga menjelaskan mengapa tidak ditemukan kata “ada” bagi Allah dalam Al-Quran. Hal tersebut karena tidak diperlukan, jika pun disematkan kata “ada” justru akan menjadi kecacatan dalam redaksi.

“Tidak ada seorang pun yang menulis buku, artikel, surat, status atau bahkan komentar di medsos yang berkata ‘saya ada’, sebab keberadaan tulisan itu sendiri adalah bukti keberadaan penulisnya. Dan tidak ada pula pembaca tulisan tersebut yang bertanya apakah si penulis tulisan tersebut ada. Jadi, bila misalnya dalam al-Qur'an ada kalimat ‘Aku Allah ada’, maka itu justru kalimat yang aneh dan percuma. Betapa bagus susunan redaksi al-Qur'an yang tidak memuat kata-kata percuma,” tulis Kiai Abdul Wahab Ahmad.

Jadi, apa yang disampaikan oleh Kiai Said dalam video tersebut menegaskan pada kalimat “ada” bukan makna sesungguhnya. Oleh karena itu sangat dianjurkan untuk melihat video secara keseluruhan agar tidak menimbulkan fitnah dan ketidakpahaman yang menyesatkan.


Editor: Daniel Simatupang