Kisah KH. Abdul Hamid Pasuruan Menghadiri Haul Syekh Abdul Qadir Jailani Tiap Tahun

 
Kisah KH. Abdul Hamid Pasuruan Menghadiri Haul Syekh Abdul Qadir Jailani Tiap Tahun
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID (ist)

Laduni.ID, Jakarta – Ulama Nusantara sejak dulu terkenal dengan kewalian dan karomah-karomahnya, tidak luput juga dengan KH Abdul Hamid Pasuruan yang dikisahkan selalu hadir ke acara Haul Syekh Abdul Qadir Jailani di Baghdad.

Dalam buku Mengenal Lebih Dekat Mbah Hamid Pasuruan, diceritakan bahwa KH Abdul Hamid sering bepergian ke Baghdad setiap tahunnya untuk menghadiri Haul Syekh Abdul Qadir Jailani. Kisah ini bermula dari KH Masyhudi Sanan Kulon, Blitar yang diceritakan sekitar tahun 2007 hingga 2008 sebelum beliau wafat.

Pada awal 1980-an, Kiai Masyhudi menunaikan ibadah haji. Seusai shalat Jumat di Masjidil Haram, tanpa sengaja beliau berkenalan dengan seorang syakh dari negeri Baghdad yang bernama Syekh Hasan. Keduanya pun terlibat perbincangan yang sangat akrab.

Semakin dalam perbincangan di antara keduanya, Kiai Masyhudi dibuat kaget saat Syekh Hasan menanyakan tentang sosok KH Abdul Hamid Pasuruan.

“Apakah anda mengenal Kiai Abdul Hamid Pasuruan?” tanya Syekh Hasan kepada Kiai Masyhudi.

“Beliau itu guru kami yang masyhur kealimannya. Ya Syekh Hasan, dari mana anda mengenal Kiai Hamid?” tanya Kiai Masyhudi heran.

Syekh Hasan menceritakan awal perjumpaan KH Abdul Hamid dengan dirinya, yang ternyata sang kiai selalu hadir pada acara Haul Syekh Abdul Qadir Jailani di Baghdad. Keduanya pun saling mengenal baik dan semakin akrab, bahkan tiap tahunnya KH Abdul Hamid selalu bermalam di kediaman Syekh Hasan.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN