Biografi Imam Abdullah bin Ahmad Al-Aydrus

 
Biografi Imam Abdullah bin Ahmad Al-Aydrus
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Daftar Isi Biografi Imam Abdullah bin Ahmad Al-Aydrus

1.         Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir
1.2       Wafat
1.3       Keluarga

2.         Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Guru Beliau
2.2       Murid Beliau

3.         Kisah-Kisah
3.1       Perjalanan ke Kota Mekkah

4.         Karamah Beliau

5.         Referensi

Laduni.ID, Jakarta – Beliaulah seorang Guru besar,tokoh para ulama, pemegang kekeramatan luar biasa yang nampak, kepribadian yang menakjubkan, memiliki firasat batin yang tajam, kedudukan yang tinggi dan agung, Al Imam Al Arif Billah Al Waliyul Akbar Abdullah bin Ahmad bin Al Husain bin Syeikh bin Abdullah Al Aydrus Ba’alawy.

1.         Riwayat Hidup dan Keluargai
1.1       Lahir

Beliau Imam Abdullah bin Ahmad Al Aydrus lahir di kota Tarim.

1.2       Wafat

Beliau Imam Abdullah bin Ahmad Al Aydrus meninggal dunia sementara tahun kelahiran beliau tidak diketahui secara pasti karena minimnya pencatatan pada saat itu.

1.3       Keluarga

Putera-putera Beliau adalah Alwy, Ali dan Abu Bakar.

2.         Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Guru Beliau

Beliau melazimi beberapa ulama besar di antaranya Ayah Beliau sendiri Imam Ahmad Al Husain juga menimba ilmu darinya, Imam Ahmad bin Alwy Bajahdab, Syeikh Al Faqih Sayyid Ali bin Ahmad bin Abdullah Safi Ba Faraj Ba alawy dan para ulaa lainnya.

Beliau berguru pada Imam Arif Billah Abdullah bin Salim Maula Khailah, Imam Al Arif Billah Ahmad bin Muhammad bin Alwy Al Habsyi, Syeikh Al Arif Billah Zein bin Husain Ba Fadl, Beliau memakai dari Mereka baju sufi.

Beliau selalu melazimi Ayahnya Imam Abdullah hingga keberkahan mengalir padanya dan Beliau mengkuti jejak pendidikan sang Ayah.

2.2       Murid Beliau

Banyak sekali kalangan ulama yang berguru pada Beliau, di antaranya Al Allamah Muhammad bin Abu Bakar Syilih Ba alawy, Al Allamah Ahmad bin Umar bin Falah dan Anaknya Umar, Salim bin Zein bin Husain Ba Fadl dan saudaranya Husain dan Al Faqih Al Munawwar Muhammad bin Ahmad Ba Jubair, Ia membaca kitab pada Beliau kitab Ihya Ulumuddin lalu membacanya kembali sampai selesai pada Guru kami penyusun qasidah ini, Ia mendapat tulisan tangan Guru kami atas pembacaannya sampai selesai.

Di antara yang pernah berguru kepada Beliau adalah Ayahku Zein bin Alwy bin Ahmad Al Habsyi, Ia mendapatkan manfaat yang banyak dari Beliau dan Beliaulah Guru utamanya, seringkali Aku mendengar Ayahku berkata, Sayyiduna Alwy bercerita (cerita kekeramatan Beliau).

Juga di antaranya Syeikh Ahmad Al katsiri, Syeikh Umar Az Zubaidi, Syeikh Ali Ba Wasir dan Abdullah Munif Al Jabiri.

3.         Kisah-Kisah
3.1       Perjalanan Ke Kota Mekkah

Beliau berangkat ke kota Mekkah bersama Saudaranya Imam Muhammad menunaikan ibadah haji, penyebab perantauan keduanya dikarenakan cobaan yang berat yang Mereka alami, ketika berada di Yaman keduanya diminta oleh penduduk sana untuk menetap agar diambil berkahnya tetapi keduanya tidak menuruti permintaan itu.

4.         Karamah Beliau

Imam Abdullah ini terkadang mendapat hal-hal anugerah yang luar biasa hingga membuat Beliau tidak sadar, terkadang Beliau menjerit dengan keras dan menyuruh agar diadakan sima’ disertai dengan pukulan rebana lalu membawa para penabuh itu keliling di jalan-jalan kota Tarim seperti yang telah dilakukan oleh kakeknya Syeikh Al Qutub Abdullah bin Abu Bakar Al Aydrus.

Adapun mengenai kekeramatan,terkabulnya doa-doanya,kebenaran firasatnya sulit untuk dijumlahkan, hal ini sudah menjadi bahan pembicaraan kalangan khusus dan umum, Beliau terkenal dengan firasat batin yang sangat dhahir dan kepribadian yang kerap kali mengejutkan, tak seorangpun mendatanginya dengan hajatnya pasti ia kembali dalam keadaan hajat yang telah terkabul, tak seorangpun kehilangan sesuatu, saat di bawa di tangan Beliau pasti barang itu kembali atau Beliau yang menggantikannya,tak seorangpun yang bertawasul melalui Beliau memohon pertolongan Allah pasti Allah akan menyelamatkan dan menolongnya meskipun di tempat yang paling jauh.

Allah menyingkap bagi Beliau isi hati orang lain, tidak sedikit para penjahat dan para pelaku dosa besar yang bertaubat di tangan Beliau, cerita-cerita peristiwa ini banyak sekali hingga sulit untuk dipaparkan disini,hampir setiap orang di daerahnya yang  pernah hidup di zaman Beliau pasti hafal cerita kekeramatan Beliau, jadi kekeramatan dan kepribadiannya sangatlah menakjubkan, keberkahan Beliau menyeluruh ke segala kalangan, Beliau seorang Wali yang berkedudukan tinggi dan mendapat anugerah khusus dalam jumlah kedudukan para Wali, juga diterima oleh segala kalangan umum maupun khusus.

5.         Referensi

Riwayat Hidup Para Wali dan Shalihin (Penerbit: Cahaya Ilmu Publisher).

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya