Makna Iqra' (bacalah)

 
Makna Iqra' (bacalah)
Sumber Gambar: Ilustrasi/Pexels

Laduni.ID, Ngawi – Suatu hari saat Nabi sedang berdiri di atas gunung Jabal Nur, Malaikat Jibril menampakkan diri di hadapannya, dan mengatakan, "Selamat atas anda, Muhammad. Aku Jibril dan anda adalah utusan Tuhan kepada umat ini." la merengkuh tubuh Nabi sambil mengatakan, "Bacalah."

Muhammad SAW menjawab, "Aku tidak bisa membaca." “Bacalah,” katanya lagi. Muhammad mengulangi jawaban yang sama. Jibril lalu menarik dan mendekapnya dengan cukup kuat sampai menyulitkan beliau bernapas. Setelah dilepaskan, Jibril mengulangi lagi perintahnya dan di jawab dengan jawaban yang sama.

Hingga pada yang ke empat kalinya, Muhammad SAW kemudian mengucapkan kalimat suci ini.

اِقْرَأْ بِاسْمِ رَبِّكَ الَّذِيْ خَلَق خَلَقَ الْاِنْسَانَ مِنْ عَلَقٍۚ اقْرَأْ وَرَبُّكَ الْاَكْرَمُۙ الَّذِيْ عَلَّمَ بِالْقَلَمِۙ عَلَّمَ الْاِنْسَانَ مَا لَمْ يَعْلَمْۗ

Artinya: “Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah, Yang mengajar (manusia) dengan perantaran qalam, Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.” (QS: Al-alaq 1-5).

  • Baca juga: 

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN