Your Story is Really Their Story

 
Your Story is Really Their Story
Sumber Gambar: Foto Ist

Laduni.ID, Jakarta - Banyak yang menganggap bahwa menceritakan pengalaman pribadi adalah bagian dari kenorakan dan terlalu berlebihan. Anggapan ini tentu tidak melulu benar. Kapan tulisan storytelling dianggap mencederai privasi individu sangat tergantung bagaimana kita menarasikan tulisan-tulisan tersebut.

Storytelling juga tidak melulu tentang kita, tapi juga mereka. Acap kali apa yang kita tuliskan mempunyai hubungan dengan kehidupan banyak orang. Menceritakan suatu tema tertentu dengan menambahkan pengalaman pribadi biasanya lebih kuat dan otentik. Di sinilah kekuatan storytelling di media sosial sekarang menjadi penting.

Baca juga: Cerita Gus Yusuf tentang Santri yang Sering Keluar Pondok

Gampangnya, misal kita melihat data-data statistik tentang fenomena tertentu. Hal tersebut secara emosional tidak mampu mengubah perilaku dan emosi kita. Lain hal misal fenomena tersebut dinarasikan melalui sebuah cerita, kekuatan pesan yang disampaikan akan berbeda. Orang cenderung lebih mempunyai ikatan emosi dengan narasi-narasi berbentuk cerita ketimbang data-data statistik yang membuat jenuh dan tak lagi menarik. Karena karakter manusia pada umunya suka untuk mendengar cerita.

Nah, storytelling inilah yang sekarang kita pakai untuk membendung narasi-narasi kebencian dan hatespeech di sosial media dengan menyajikan tulisan yang asik, inspiratif dan menggugah dengan tema yang beragam. Tema apapun bisa distorytellingkan.

Storytelling berasal dari Bahasa Inggris, jika dilihat dari susunan katanya, memiliki dua kata yaitu story dan telling. Story artinya cerita dan telling artinya menceritakan.

Pengertian  tersebut  senada  dengan  arti  dari Kamus Lengkap Bahasa Inggris (Echols, 1975) yang menerangkan tentang arti kata storytelling. Menurut Echols (1975), storytelling terdiri atas dua kata yaitustory  berarti  cerita  dan  telling  berarti  penceritaan.  Penggabungan  dua  kata storytelling berarti penceritaan cerita atau menceritakan cerita.
 
Storytelling   juga   disebut   bercerita   atau   storytelling   seperti   yang dikemukakan oleh Malan (1991). Storytelling merupakan usaha yang dilakukan oleh storyteller dalam menyampaikan isi perasaan, buah pikiran atau sebuah story kepada anak-anak secara lisan. Storytelling telah didefinisikan dalam banyak arti.
 
Di Indonesia, storytelling sering disebut juga dengan istilah storytelling. Storytelling adalah kegiatan aktif, bercerita secara terstruktur dan utuh. Maka dari kata storytelling kita peroleh kata story, yang berarti cerita atau kisah. Di masa dahulu kegiatan storytelling ditujukan untuk menghibur atau mengajarkan sesuatu kepada generasi muda. Dalam bentuk story, inti pengajaran menjadi lebih mudah diterima oleh segala usia.

__________________
Sumber: Maria Fauzi