Ziarah Makam KH. R. Abdul Fattah, Pendiri Pondok Pesantren Menara Al-Fattah

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah Makam KH. R. Abdul Fattah, Pendiri Pondok Pesantren Menara Al-Fattah
Sumber Gambar: dok. Pribadi/FB Yunan Athoillah

Laduni.ID, Jakarta – KH. R. Abdul Fattah lahir pada Kamis Pon, 11 Syawal 1290 H/1872 M, beliau dengan nama asli Muhammad Ma’ruf ini lahir dari pasangan KH Hasan Tholabi dan Nyai Dhokinah. Dari jalur ayah, Nasab beliau tersambung hingga Rasulullah SAW dan merupakan salah satu dzuriyyah dari Sayyid Nawawi (Sunan Bayat/Sunan Pandanaran/Ihsan Nawawi, Solo). Dari jalur ibu, beliau termasuk salah satu keturunan dari Prawiro Projo, Patih Ponorogo ke 5.

Sejak kecil KHR. Abdul Fattah selalu menghabiskan waktunya untuk menuntut ilmu, waktu yang beliau habiskan untuk menuntut ilmu ke berbagai guru dan pesantren adalah selama 24 tahun. Di antara guru-guru beliau adalah KH Imam Bahri (Ponpes Mangunsari, Pace, Nganjuk), KH Zaenuddin (Ponpes Mojosari, Loceret, Nganjuk), KH Zaenuddin (Ponpes Cempaka, Brebek, Nganjuk), KH Idris (Ponpes Jamseran, Solo), Hadratussyeikh KH Hasyim Asy’ari (Ponpes Tebuireng, Jombang), Syaikhona Kholil Bangkalan, KH Munawwir (Ponpes Krapyak, Yogyakarta), serta belajar kepada KH. Sayyid Zein dan Syekh Mahfudz At-Turmusy di Masjidil Haram, Makkah.

KHR. Abdul Fattah merupakan salah satu ulama berpengaruh pada masanya, dalam perkembangan pesantren di Tulungagung, KHR. Abdul Fattah mendirikan madrasah yang menjadi cikal bakal Pondok Pesantren Menara Al-Fattah Tulungagung, pondok pesantren tertua di wilayah Mangunsari, Tulungagung.

Selain perannya dalam perkembangan pesantren di Tulungagung, KHR. Abdul Fattah juga menjadi pelopor dan perintis penggalian makam-makam kuno dan benda bersejarah. Salah satu yang menjadi penemuan terbesar beliau adalah saat menemukan Makam Bedalem yang di dalamnya dimakamkan para pejuang Islam seperti Pangeran Benowo, Raden Patah, dan Dampu Awang. Makam Bedalem terletak di Desa Besole, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung.

Lokasi Makam

KHR. Abdul Fattah wafat pada Selasa Pon, 3 Rabiul Akhir 1327 H/29 November 1954 M, beliau dimakamkan di barat masjid Pondok Mangunsari, pada keesokan harinya. Masjid tersebut tidak terlalu jauh dari Pondok Pesantren Putra Menara Al-Fattah, Mangunsari, Kecamatan Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur.

Sumber foto: FB Yunan Athoillah


Editor: Daniel Simatupang