Ziarah Makam Habib Thohir bin Abdullah Al-Kaff, Destinasi Religi Kota Tegal

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah Makam Habib Thohir bin Abdullah Al-Kaff, Destinasi Religi Kota Tegal
Sumber Gambar: FB Sofyatul IstiiaNaa

Laduni.ID, Jakarta – Habib Thohir bin Abdullah Al-Kaff lahir pada 15 Agustus 1960 di Tegal, beliau merupakan ulama karismatik yang dikenal konsisten dalam hal kebangsaan. Habib Thohir selalu menjalin komunikasi yang baik dengan lintas organisasi masyarakat.

Setelah pengembaraan beliau dalam menuntut ilmu, pada tahun 1980 Habib Thohir memutuskan untuk terjun ke dunia dakwah. Beliau memulainya dengan menjadi pengajar di beberapa pesantren, hingga rutin mengadakan majelis taklim di sebuah masjid yang terletak di Jalan Duku, Tegal. Majelis taklim tersebut diberi nama Majelis Taklim Zainal Abidin.

Dalam kegiatannya berdakwah, Habib Thohir lebih banyak dikenal oleh orang yang berada di pelosok desa. Sebab Habib Thohir memang lebih senang berdakwah di daerah-daerah, keluar masuk desa, bahkan hingga ke daerah 3T (terluar, terpencil, tertinggal).

Habib Thohir juga salah satu ulama yang membentengi umat dari kerusakan akidah, salah satunya pemahaman ideologi transnasional yang hendak menghancurkan Islam yang ada di Indonesia. Habib Thohir juga sangat tidak setuju, memaknai jihad dengan kekerasan hingga terorisme, menurut beliau itu hanya akan merusak citra Islam.

Sebagai pengasuh Pondok Pesantren Darul Hijrah, Tegal, Habib Thohir selalu mengingatkan umat untuk menghindari perdebatan persoalan furu’iyyah dan lebih memfokuskan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Lokasi Makam

Habib Thohir bin Abdullah Al-Kaff wafat pada Kamis, 3 Desember 2020, beliau menghembuskan nafas terakhirnya di RS Mitra SIaga, Tegal pada pukul 20.01 WIB. Habib Thohir bin Abdullah Al-Kaff dimakamkan keesokan harinya pada Jumat, 4 Desember 2020 di pemakaman Al-Hadad, Kelurahan Kraton, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal.

Lokasi makam sangat dekat dengan alun-alun Kota Tegal, perjalanan sekitar 5 menit dari alun-alun ke arah Barat.

Sumber foto: FB Herdin Pamungkas,


Editor: Daniel Simatupang