Tertarik dengan Islam Nusantara, 2 Mahasiswa Asal Tunisia Gabung di Fakultas Islam Nusantara UNUSIA

 
Tertarik dengan Islam Nusantara, 2 Mahasiswa Asal Tunisia Gabung di Fakultas Islam Nusantara UNUSIA
Sumber Gambar: dok. pribadi/Facebook UNUSIA

Laduni.ID, Jakarta – Hari ini, Jumat (17/12/2021), Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia (UNUSIA) kehadiran tamu istimewa, yaitu dua mahasiswa asal Universitas Zaitunnah, Tunisia yang mengambil studi pascasarjana di Fakultas Islam Nusantara UNISIA.

Dilansir dari unggahan Facebook resmi UNUSIA (17/12/2021), mereka bernama Abdurrahman dan Amin. Masing-masing dari mereka merupakan mahasiswa jurusan Al Fiqh wa Ushul dan Aqidah Filsafat Universitas Zaitunnah, Tunisia.

Keduanya mengaku telah mengenal studi Islam Nusantara di UNUSIA sejak 2019 dari file PDF (Jurnal Penelitian). Setelah itu keduanya mencoba menelusuri Kampus NU yang dimaksud melalui media sosial.

“Mereka melihat budaya Islam di Indonesia, ramah, apa adanya dan tidak berpura-pura. Pembelajaran Islam Nusantara secara mendalam bisa menunjang pengetahuan mereka antar nuansa Islam di kedua negara,” tulis akun Facebook resmi UNUSIA.

Abdurrahman dan Amin berharap dapat mendalami Islam yang ada di Indonesia, dan dapat mempererat hubungan kedua negara melalui kerjasama UNUSIA dengan Universitas Zaitunnah, Tunisia.

Kedatangan kedua mahasiswa asal Tunisia tersebut disambut langsung oleh Ketua Program Studi Pascasarjana Fakultas Islam Nusantara, Dr. KH. Ali M. Abdillah, MA. Melalui akun Facebook pribadinya, ia mengatakan bahwa alasan kedua mahasiswa Tunisia tersebut daftar menjadi mahasiswa UNUSIA adalah ketertarikan terhadap keislaman yang ada di Indonesia.

“Mereka tertarik dengan khazanah Islam Nusantara,” tulisnya, Jumat (17/12/2021).

Selain itu, Abdurrahman dan Amin juga mendaftar menjadi santri di Yayasan Al-Rabbani Islamic Collage asuhan Dr. KH. Ali M. Abdillah, MA. Hal tersebut diketahui melalui postingan beliau sehari sebelumnya, kamis (16/12/2021).

“Alhamdulillah kedatangan dua santri dari Tunisia mondok di Al-Rabbani, semoga kerasan (betah),” tulisnya.

Sumber foto: Facebook UNUSIA


Editor: Daniel Simatupang