Ini Amalan yang Bisa Dibaca Antara Shalat Sunnah Qobliyah Subuh dan Shalat Subuh

 
Ini Amalan yang Bisa Dibaca Antara Shalat Sunnah Qobliyah Subuh dan Shalat Subuh
Sumber Gambar: Ilustrasi/Pexels

Laduni.ID, Jakarta – Wirid atau dzikir adalah amalan sunnah yang dapat dilakukan kapan saja dan pada kesempatan apapun. Termasuk ketika sedang melakukan aktivitas lain, seseorang masih dapat melafadzkan dzikir dengan mudah.

Berdzikir biasanya dilakukan setelah menunaikan ibadah shalat lima waktu, walau tidak jarang dilakukan pula pada pagi dan sore hari. Namun, Imam Nawawi dalam karyanya yang berjudul Al-Adzkar: Doa dan Dzikir dalam Al-Quran dan Sunnah sangat menganjurkan seseorang berdzikir kepada Allah setelah melaksanakan ibadah Shalat Subuh.

مَن صلى الغداة في جماعة، ثم قعد يذكر الله حتى تطلع الشمس، ثم صلى ركعتين، كانت له كأجر حجة وعمرة تامة، تامة، تامة

“Barang siapa yang sholat subuh berjamaah, kemudian dia duduk berdzikir kepada Allah hingga matahari terbit, lantas sholat dua rakaat, maka baginya seperti pahala haji dan umroh, yang sempurna, sempurna, sempurna.”

Gus Dewa dalam unggahan Facebooknya (4/1/2022), memberikan sebuah amalan wirid yang salah satu fadhilahnya dapat meluaskan rezeki lahir dan batin.

(ﻓﺎﺋﺪﺓ ﺃﺧﺮﻯ) ﻭﺭﺩﺕ ﻋﻦ اﻟﻨﺒﻲ - ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ - ﻓﻲ ﺃﺣﺎﺩﻳﺚ ﺻﺤﻴﺤﺔ ﻛﺜﻴﺮﺓ، ﺃﻣﺮ ﺑﻬﺎ ﺑﻌﺾ ﺃﺻﺤﺎﺑﻪ ﻟﺘﻮﺳﻌﺔ اﻟﺮﺯﻕ، ﻗﺎﻝ ﺑﻌﺾ اﻟﻌﺎﺭﻓﻴﻦ: ﻭﻫﻲ ﻣﺠﺮﺑﺔ ﻟﺒﺴﻂ اﻟﺮﺯﻕ اﻟﻈﺎﻫﺮ ﻭاﻟﺒﺎﻃﻦ، ﻭﻫﻲ ﻫﺬﻩ: ﻻ ﺇﻟﻪ ﺇﻻ اﻟﻠﻪ اﻟﻤﻠﻚ اﻟﺤﻖ اﻟﻤﺒﻴﻦ، ﻛﻞ ﻳﻮﻡ ﻣﺎﺋﺔ ﻣﺮﺓ.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN