Hadir Ngaji Hanya Untuk Kepentingan Dunia, Dapat Berakibat Fatal

 
Hadir Ngaji Hanya Untuk Kepentingan Dunia, Dapat Berakibat Fatal
Sumber Gambar: Bayu Z/Pixabay (Foto Ilustrasi)

Laduni.ID, Jakarta - Mengapa wajib bagi setiap Muslim untuk menuntut ilmu hingga ujung ajal menjemputnya ? Karena, ada banyak keutamaan ilmu yang sangat bermanfaat baik di dunia, di alam barzah dan di akhirat kelak. Beberapa keutamaan ilmu diantaranya adalah :

1. Ilmu adalah kekhususan dalam keutamaan, ilmu adalah keistimewaan yang Allah subhanahu wa ta’ala dikhususkan hanya untuk manusia semata. Selain ilmu, manusia dan hewan akan memiliki kesamaan.

2. Ilmu, dapat mengantarkan seseorang menuju kepada kebajikan dan ketaqwaan. Dan sebab ketaqwaan itu, seseorang dapat memperoleh kemuliaan di sisi Allah subhanahu wa ta’ala, dan kebahagiaan abadi kelak.

Dawuh Abu Abdullah Muhammad bin Idris asy-Syafi'i al-Muththalibi al-Qurasyi atau Imam Syafi'i rahimahullah (wafat 20 Januari 820 M, Fustat, Mesir) dalam kitab Ar-Risalah sebagai berikut:

"Karena itu, hendaklah para penuntut ilmu berupaya semaksimal mungkin memperbanyak ilmu pengetahuan dan bersabar menghadapi semua cobaan dalam mencarinya, serta di dasari dengan keikhlasan niat kepada Allah subhanahu wa ta'ala dalam memperdalam ilmu pengetahuannya, baik secara tekstual maupun kontekstual, seraya memohon pertolongan kepada-Nya. Karena sesungguhnya, tidak akan didapatkan suatu kebaikan kecuali dengan pertolongan-Nya."

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN