Makna di Balik Kalimat ‘Syaiun Lillahi Lahumum Fatihah’

 
Makna di Balik Kalimat ‘Syaiun Lillahi Lahumum Fatihah’
Sumber Gambar: Republika/Nashih Nashrullah

Laduni.ID, Jakarta – Kalimat “Syaiun Lillahi Lahumul Fatihah (ﺷﺊٌ ﻟِﻠّﻪِ ﻟَﻬُﻢُ ﺍﻟْﻔَﺎﺗِﺤَﺔْ)” atau sejenisnya sering kita dengar dalam setiap majlis, baik itu ketika tahlilan, syukuran, barzanji dan lain-lainnya.

Apa maksud kalimat tersebut? Kenapa para ulama mengajarkan kalimat tersebut kepada kita? Mari kita pelajari bersama-sama.

Biasanya kalimat itu disebutkan sebelum membaca al-Fatihah sebagai pembukaan setelah menyebutkan rentetan nama arwah-arwah yang akan dido’akan. Secara Bahasa, kalimat Syaiun Lillahi Lahumul Fatihah terdapat tiga susunan kalimat:

Pertama adalah Susunan kalimat Syaiun Lillahi (ﺷَﺊٌ ﻟِﻠّﻪِ) yang bermakna bahwa “Semua yang dilakukan itu karena Allah semata.” Kedua adalah Lahum, artinya adalah bacaan yang akan dibaca yaitu Fatihah, dihadiahkan untuk para arwah yang telah disebutkan sebelumnya. Dan ketiga adalah Al-Fatihah, yaitu nama surat pembuka al-Qu’an.

Oleh karena itu, jika digabungkan artinya adalah, "Semua apa yang kita lakukan hanyalah karena Allah, kemudian menghadiahkan Fatihah kepada para arwah."

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN