Meminum Air Bekas Wudhu Adalah Obat dari 70 Macam Penyakit

 
Meminum Air Bekas Wudhu Adalah Obat dari 70 Macam Penyakit
Sumber Gambar: Foto ist

Laduni.ID, Jakarta – Dalam berbagai literatur bab fikih bahwasannya dianjurkan air bekas wudhu tidak boleh diusap dengan handuk atau jenis kain lainnya dan dibiarkan hingga mongering dengan sendirinya.

Air wudhu bekas wudhu tersebut yang masih menempel di badan diyakini memiliki berkah yang luar biasa salah satunya dapat menjadi obat

Dalam kitab Syarh Hidayah Ibnul 'Imâd,hal:153 disebutkan ada riwayat dari Abdullah bin Umar RA,dari Nabi SAW bahwa minum air bekas wudhu adalah obat dari 70 macam penyakit.

Namun menurut sebagian ulama,bahwa riwayat diatas bukan dalam bentuk perkataan Nabi SAW tapi perbuatan Nabi SAW senagaimana hal tersebut (meminum air bekas wudhu) dilakukan juga oleh Imam Ali bin Abi Tholib RA.Lihat An Nasa-i 136.

Seorang penyair berkata:

توضأ يا فتى إن كنت ترجو ■ لقآء الله فى دار البقاء
واشرب بعد إسباغ وضوءا ■ لماء كان يبقى فى الإنآء
فإن الشرب من باقي وضوء ■ إلى سبعين دآء ذو شفآء

"Senantiasalah berwudhu untuk meraih rahmat dan kasih sayang Allah. Dan minumlah sedikit dari air bekas wudhumu, karena itu mengandung obat dari 70 macam penyakit".

Terkait dengan sembuh tidaknya penyakit yang diderita, menggunakan air wudu sebagai obat adalah salah satu usaha kita sebagai manusia. Sebab, kita kaum mukmin tetap harus yakin bahwa yang berhak menyembuhkan segala macam penyakit adalah Allah Swt.

Oleh karena itu, kita dianjurkan untuk tetap mengiringi usaha mengobati penyakit itu dengan doa berikut ini:

Allahummasyfini bi syifa ika wa dawini bi dawa ika wa'shimni minal wahli wal amrodhi wal awja'i.

Artinya: Ya Allah, sembuhkanlah aku dengan kesembuhan-Mu, obatilah aku dengan obat-Mu, dan lingdungilah aku dari penyakit dan sakit.


Editor: Nasirudin Latif