Spirit Semesta dalam Mematangkan Jiwa

 
Spirit Semesta dalam Mematangkan Jiwa
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Dalam Surat Asy-Syams ayat 1-10, Allah bersumpah demi alam semesta beserta jiwa manusia. Dan di sana Allah telah memberikan narasi tentang ekistensi matahari dan bulan, terjadinya siang dan malam berikut langit dan bumi sebagai ciptaan-Nya, sekaligus pilihan bebas manusia mau hidup menjadi durhaka atau bertakwa.

Allah SWT berfirman:

وَالشَّمْسِ وَضُحٰىهَاۖ وَالْقَمَرِ اِذَا تَلٰىهَاۖ وَالنَّهَارِ اِذَا جَلّٰىهَاۖ وَالَّيْلِ اِذَا يَغْشٰىهَاۖ وَالسَّمَاۤءِ وَمَا بَنٰىهَاۖ وَالْاَرْضِ وَمَا طَحٰىهَاۖ وَنَفْسٍ وَّمَا سَوّٰىهَاۖ فَاَلْهَمَهَا فُجُوْرَهَا وَتَقْوٰىهَاۖ قَدْ اَفْلَحَ مَنْ زَكّٰىهَاۖ وَقَدْ خَابَ مَنْ دَسّٰىهَاۗ

Artinya, "Demi matahari dan sinarnya pada waktu duha (ketika matahari naik sepenggalah), demi bulan saat mengiringinya, demi siang saat menampakkannya, demi malam saat menutupinya (gelap gulita), demi langit serta pembuatannya, demi bumi serta penghamparannya, dan demi jiwa serta penyempurnaan (ciptaan)-Nya, lalu Dia mengilhamkan kepadanya (jalan) kejahatan dan ketakwaannya, sungguh beruntung orang yang menyucikannya (jiwa itu) dan sungguh rugi orang yang mengotorinya."

Gambaran dalam ayat-ayat di atas menjadi semacam ayat tentang lukisan alam yang dapat dijadikan pelajaran bagi keseimbangan hidup manusia.

Menurut Albert Einsten, ada tiga energi alam semesta, yakni energi gravitasi, energi elektromagnetik, dan energi atom. Jika ketiganya saling...

Dapatkan akses fitur artikel biografi dan chart geneology/ silsilah di Laduni.id secara berlangganan untuk mendukung keberlanjutan dan pengembangan Laduni.id.

Masuk ke Laduni