Ini Ujian Bagi Orang yang Cinta Dunia, Apakah kita Termasuk?

 
Ini Ujian Bagi Orang yang Cinta Dunia, Apakah kita Termasuk?
Sumber Gambar: Olenka Sergienko/Pexels (ilustrasi kemewahan duni)

Laduni.ID, Jakarta – Cinta dunia atau hubbud dunya merupakan salah satu yang membahayakan dan akan menghantarkan kita pada kesombongan. Selain itu cinta dengan dunia juga dapat menjadikan kita kafir bahkan sampai menjual agama untuk kepentingan dunia.

Sebelum Rasulullah SAW meninggal, beliau sudah mengisyaratkan akan bahaya kepada umatnya yang gelap hati dan fikirannya karena terperdaya oleh gemerlapnya dunia. Beliau bersabda: “Sesungguhnya di antara yang aku khawatirkan pada diri kalian setelah peninggalanku ialah dibukakannya bunga dunia dan pernak-perniknya untuk kalian.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Kita sebagai manusia, setiap saat harus selalu ingat bahwa kehidupan di dunia hanyalah sementara dan hanya sebagai tempat persinggahan. Artinya sewaktu-waktu bisa saja kita menemui ajal dan menghadap sang khalik.

Padahal, kehidupan di dunia tidak akan berlangsung lama dan kekal. Lalu kita akan mati dan kembali kepada sang kholik untuk mempertanggungjawabkan amal perbuatan kita semasa hidup di dunia.

Cinta dunia atau hubbud dunia yang berarti lebih mengutamakan kepentingan dunia ketimbang kepentingan akherat yang jelas-jelas Allah SWT telah menjanjikan balasan surga untuk hambanya yang mampu menahan nafsunya.

Allah SWT berfirman: “Adapun orang yang melampaui batas, dan lebih mengutamakan kehidupan dunia, Maka Sesungguhnya nerakalah tempat tinggal(nya). Dan Adapun orang-orang yang takut kepada kebesaran Tuhannya dan menahan diri dari keinginan hawa nafsunya, maka Sesungguhnya syurgalah tempat tinggalnya.” (QS. An-Nazi’at: 37-41)

Orang yang cinta dunia biasanya hanya ingin memenuhi kebutuhan duniawinya saja. Biasanya yang ada dalam hatinya bagaimana cara mengejar harta, tahta, wanita, rumah mewah, kendaraan mewah, dan memiliki uang yang banyak.

Perlu diketahui bahwa akibat dari mementingkan duniawi ketimbang akhirat Allah SWT akan memberikan ujian, berikut ini tiga ujian yang akan menimpa:

1. Hidupnya sempit dan selalu gelisah yang tiada habisnya. Maksudnya dunianya belum tentu dapat tetapi kegelisan dan kesempitan itu sudah didapat terlebih dulu.

2. Kefakiran yang tidak akan bisa membuat dia merasa kaya selamanya. Karena tidak pernah bersyukur jadi merasa hidupnya akan selalu merasa kurang terus.

3. Rasa tamak yang tidak mungkin bisa kenyang selama-lamanya dan terus haus kepada dunia

Itulah tiga tanda orang yang cinta dunia atau hubbud dunya karena terlalu mementingkan kehidupan dunianya daripada urusan akheratnya. Semoga kita semua senantiasa dijaga oleh Allah SWT dan dijaukan dari penyakit diunia Aamin.


Editor: Nasirudin Latif