Anda Sulit Tidur? Coba Lakukan Ini

 
Anda Sulit Tidur? Coba Lakukan Ini

Assalamu’alaikum wr. wb.

Perkenalkan saya, C. Perempuan. Saya ingin bertanya mengenai sleeping disorder. Frequency tidur saya juga agak sedikit kacau. Saya dapat tidur dalam durasi 3 jam atau dua jam lalu terbangun lagi dan sulit tidur lagi. Butuh sejam lebih bagi saya setelah itu untuk dapat kembali tidur. Pertanyaan saya apakah saya mengalami gangguan tidur kronis? Atau mungkinkah indikasi lain? Saya juga rutin mengkonsumsi kopi karena sering mengantuk di siang hari. Terima kasih…..

Wa’alaikum salam wr. wb.

Hormat saya,

C

Jawaban:

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Semoga senantiasa kebahagiaan menyertai hari-hari Anda. Terima kasih sudah berbagi di sini, Mba. Belum tentu Anda mengalami gangguan tidur dalam arti psikologis. Durasi tidur pendek tidak selalu indikasi dari gangguan tidur. Sebenarnya durasi tidur pendek kalau badan biasa saja, bukan merupakan gangguan.

Baca juga: Self Position Menentukan Masa Depanmu

Untuk sementara, Anda bisa melakukan mindfulness seperti berikut ini sebelum tidur:
Anda bisa  berlatih untuk menyadari semua yang terjadi pada tubuh secara fisik dan menyadari semua emosi serta pikiran Anda.
Carilah posisi yang nyaman, bisa duduk atau rebahan. Pejamkan mata Anda.
Tarik nafas dalam-dalam lewat hidung, tahan sebentar lalu hembuskan. Ketika mengambil nafas, sadari dan rasakan aliran nafas Anda masuk melalui hidung, tenggorokan hingga masuk ke paru-paru. Lakukan pelan-pelan.
Tahanlah nafas Anda beberapa detik dan rasakan yang terjadi pada tubuh Anda.
Hembuskan nafas Anda lewat hidung atau mulut. Rasakan nafas Anda mengalir keluar dari paru-paru lalu ke tenggorakan dan keluar lewat hidung atau mulut. Sadari dan rasakan.

Lakukan ini 3x berturut-turut secara perlahan.

Setelah itu sambil tetap mengatur nafas Anda, fokuskan pikiran Anda ke bagian atas kepala Anda. Pelan-pelan Anda rasakan sensasi apa yang terjadi di kepala Anda. Kalau Anda sudah cukup, fokuskan ke bagian wajah Anda. Telusuri seluruh wajah Anda pelan-pelan. Rasakan sensasi apa yang terjadi.

Baca juga: Emosiku Tak Terkendali

Setelah cukup, fokuskan pada bahu dan lengan Anda. Rasakan sensasinya.
Lalu fokuskan ke bagian dada Anda. Anda rasakan denyut jantung Anda. Rasakan paru-paru, lambung dan semua organ dalam tubuh Anda. Katakan "Terima kasih jantung, terima kasih paru-paru dst ...karena telah menyertaiku selama ini".

Setelah cukup, fokuskan pada paha sampai jari kaki Anda. Rasakan sensasi yang muncul.
Biarkan pikiran dan emosi yang muncul. Sadarilah bahwa Anda sedang menyadari semua yang pada  tubuh dan diri Anda. Biarkan semua hal yang terjadi saat Anda menjalani proses ini..

Setelah selesai, tarik nafas dalam-dalam, hembuskan dan pelahan buka Mata Anda.
Coba Anda lakukan ini tiap hari selama 1 minggu dulu.
Semoga dengan latihan secara rutin, tubuh Anda akan menjadi rileks dan mudah untuk tidur nyenyak. Selamat mencoba.

 

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Salam hormat
Dr. Muhammad Fakhrurrozi, M. Psi, Psi