Anda Sulit Tidur? Coba Lakukan Ini

 
Anda Sulit Tidur? Coba Lakukan Ini

Assalamu’alaikum wr. wb.

Perkenalkan saya, C. Perempuan. Saya ingin bertanya mengenai sleeping disorder. Frequency tidur saya juga agak sedikit kacau. Saya dapat tidur dalam durasi 3 jam atau dua jam lalu terbangun lagi dan sulit tidur lagi. Butuh sejam lebih bagi saya setelah itu untuk dapat kembali tidur. Pertanyaan saya apakah saya mengalami gangguan tidur kronis? Atau mungkinkah indikasi lain? Saya juga rutin mengkonsumsi kopi karena sering mengantuk di siang hari. Terima kasih…..

Wa’alaikum salam wr. wb.

Hormat saya,

C

Jawaban:

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Semoga senantiasa kebahagiaan menyertai hari-hari Anda. Terima kasih sudah berbagi di sini, Mba. Belum tentu Anda mengalami gangguan tidur dalam arti psikologis. Durasi tidur pendek tidak selalu indikasi dari gangguan tidur. Sebenarnya durasi tidur pendek kalau badan biasa saja, bukan merupakan gangguan.

Baca juga: Self Position Menentukan Masa Depanmu

Untuk sementara, Anda bisa melakukan mindfulness seperti berikut ini sebelum tidur:
Anda bisa  berlatih untuk menyadari semua yang terjadi pada tubuh secara fisik dan menyadari semua emosi serta pikiran Anda.
Carilah posisi yang nyaman, bisa duduk atau rebahan. Pejamkan mata Anda.
Tarik nafas dalam-dalam lewat hidung, tahan sebentar lalu hembuskan. Ketika mengambil nafas, sadari dan rasakan aliran nafas Anda masuk melalui hidung, tenggorokan hingga masuk ke paru-paru. Lakukan pelan-pelan.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN