Doa Ketika Mendapat Pujian

 
Doa Ketika Mendapat Pujian
Sumber Gambar: Muhammad Adil dari Pexels (Ilustrasi Berdoa)

Laduni.ID, Jakarta - Pujian tidak selamanya membawa kepada jalan kebenaran, melainkan juga bisa mengantarkan kita pada titik kesombongan. Mungkin sebagian orang, ada yang merasa bahagia dan tambah semangat jika mendapatkan pujian dari orang sekitar. Namun ingatkan jika segala puji itu milik Allah subhanahu wa ta'ala, Penguasa semesta alam.

Dituliskan oleh Syaikhul Islam Quthbud Da'wah wal Irsyad Ad-Sayyid Abdullah bin Alawi bin Muhammad al-Haddad rahimahullah (30 Juli 1634 M - 10 September 1720 M Tarim, Yaman) dalam kitab Risalah Muawanah wa Al-Muzhaharah wa al-Mu`azarah li ar-Raghibina min al-Mu`minin fi Suluki Thariqi al-Akhirah, bahwa kita perlu mawas diri ketika pujian hadir di depan mata. Sebaiknya tidak merasa gembira terlebih dahulu atas pujian tersebut. Jika pujian tersebut benar adanya, maka sebaiknya membaca doa sebagai berikut:

الحمدلله الذي اظهر الجميل وستر القبيح

Alhamdulillah alladzi azhara al-jamila wa satara al-qabiha

“Segala puji bagi Allah, Zat yang menampakkan kebagusan dan menutup kejelekan”

Setelah membaca doa tersebut, tetaplah tidak menganggap dirinya lebih baik dari orang lain. Bukankah tidak ada pujian yang berarti selain pujian Allah subhanahu wa ta'ala dan tidak ada celaan yang berarti, selain celaan Allah subhanahu wa ta'ala. Karena hanya Allah subhanahu wa ta'ala yang mengetahui keadaan lahir dan batin kita. Dalam ayatNya, Allah subhanahu wa ta'ala berfirman :

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN