Amanah dalam Arti Tanggung Jawab Sosial Manusia Kepada Sesama

 
Amanah dalam Arti Tanggung Jawab Sosial Manusia Kepada Sesama
Sumber Gambar: Oleg Magni dari Pexels

Laduni.ID, Jakarta – Amanah memiliki arti terpercaya atau dapat dipercaya, selain itu juga amanah merupakan titipan atau pesan yang harus disampaikan kepada orang yang berhak. Dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) kata amanah menunjuk arti pesan yang dititipkan kepada orang lain yang harus disampaikan.

Dalam pandangan Islam setiap orang adalah pemimpin, baik itu pemimpin bagi dirinya sendiri, keluarga, masyarakat maupun yang lainnya. Sebab, manusia adalah makhluk sosial dan mempunyai tanggung jawab sosial pula. Tentu saja semua itu akan dimintai pertanggung jawaban. Rasulullah SAW bersabda:

( ﻛﻠﻜﻢ ﺭﺍﻉ ﻭ ﻛﻠﻜﻢ ﻣﺴﺆﻭﻝ ﻋﻦ ﺭﻋﻴﺘﻪ ‏( ﺭﻭﺍﻩ ﻣﺴﻠﻢ

Artinya: ”Ketahuilah, setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggung jawaban tentang kepemimpinannya.” (H.R. Muslim).

Fenomena yang terjadi saat ini adalah seringkali amanah dijadikan sebuah komoditi untuk meraih kekuasaan atau materi (dunia). Sehingga saat ini banyak sekali orang yang meminta amanah kepemimpinan dan jabatan, padahal belum tentu orang tersebut mempunyai kapabilitas untuk menjalankan amanah itu. Rasulullah mengancam akan hancurnya sebuah bangsa.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN