5 Tempat Terbaik untuk Dikunjungi di Sudan

 
5 Tempat Terbaik untuk Dikunjungi di Sudan
Sumber Gambar: Wikimedia Commons

Laduni.ID, Jakarta – Jika mendengar negara bernama Sudan, apa yang terlintas pertama kali dalam pikiran Anda? Mungkin Anda akan langsung teringat mengenai krisis kelaparan pada tahun 1998, krisis kemanusiaan dan tuduhan genosida di Dhafur, atau pemberlakuan pemberlakuan embargo ekonomi terhadap Sudan.

Di balik banyaknya informasi negatif mengenai Sudan, namun sesungguhnya negara ini menyimpan banyak sekali fakti menarik. Dilansir dari Kumparan.com, di antara fakta menarik Sudan adalah negara dengan piramida terbanyak di dunia, tempat menyatunya dua anak Sungai Nil, negara dengan penghasil Gum Arabic terbesar di dunia, negara penghasil emas terbesar ketiga di Afrika, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Sudan juga memiliki destinasi wisata yang wajib sekali dikunjungi. Jika Anda berkunjung ke Sudan, rasanya belum lengkap jika belum berkunjung ke tempat-tempat tersebut. Berikut destinasi yang wajib dikunjungi jika sedang berada di Sudan:

1. Meroe

Meroe terletak di antara bukit-bukit gurun Sudan, tepat di utara ibu kota, tempat ini terdiri dari lebih dari 200 struktur piramida individu, bersama dengan reruntuhan yang sangat menarik. Keindahan dan nilai sejarahnya yang tinggi membuat Meroe disahkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO. Namun, potensi wisata ini belum banyak dilirik karena situasi politik di Sudan.

2. Kassala

Kassala adalah salah satu tujuan wisata terkenal di Sudan dengan banyak bangunan bersejarah, pasar tradisional, dan atraksi alam.

Lemparan liar Ibu Pertiwi masih sangat dominan di Kassala. Di sana kita akan disuguhkan masakan khas Sudan yang menggugah selera, di antaranya hidangan yang paling terkenal adalah fuul, tagaliya, dan bamiya. Selain itu, kita juga dapat menikmati kopi tradisional Sudan dengan penduduk setempat.

3. Taman Nasional Dinder

Taman Nasional Dinder adalah potongan segitiga dari tanah lindung yang berbatasan langsung dengan perbatasan Ethiopia di tenggara negara Sudan. Terdiri dari dataran rerumputan gersang yang luas dan bersinar kuning terbakar di bawah panasnya terik matahari.

Di sana pengunjung dapat melihat singa-singa berkeliaran, kijang, dan ada juga burung unta Afrika Utara berkaki panjang yang memanjakan mata.

4. Jebel Marra

Jebel Marra adalah salah satu tempat terindah di Sudan dengan situs atraksi wisata paling menawan yang memikat. Di sana kita dapat menikmati keindahan alam yang mempesona, iklim sedang, peradaban kuno, keragaman budaya dan sosial, serta perbedaan adat dan tradisi.

Banyak orang yang terinspirasi oleh keindahan alam di sana, penyair membuat puisi yang masih dilantunkan oleh penyanyi terkenal Sudan, seperti Abu Araky Al-Bakheit dan Khalil Ismail.

5. Taman Nasional Sanganeb

Taman nasional laut pertama dan satu-satunya di Sudan. Taman Nasional Sanganeb terdiri dari habitat terumbu dangkal yang menampilkan keanekaragaman hayati Laut Merah dengan segala kemegahannya.

Kawasan lindung ini berbatasan langsung dengan dermaga dan pelabuhan Port Sudan, menjadikannya tempat yang sangat mudah untuk dikunjungi.

Dikutip dari unggahan FB NU Sudan pada 7 Maret 2022


Editor: Daniel Simatupang