Adab Tidur Sesuai Anjuran Rasulullah SAW, Posisi Tengkurap Bolehkah?

 
Adab Tidur Sesuai Anjuran Rasulullah SAW, Posisi Tengkurap Bolehkah?
Sumber Gambar: Ilustrasi bayi tidur tengkurap (foto dari id.pngtree.com)

Laduni.ID, Jakarta – Tidur adalah salah satu cara bagi setiap manusia bisa beristirahat dan kembali mendapatkan energi untuk beraktivitas di pagi harinya. Dalam Al-Qur’an Allah SWT juga menyebutkan tidur adalah istirahat yang artinya “Dan Kami jadikan tidurmu untuk istirahat”. (QS. An-Naba’: 9).

Setelah beraktivitas seharian penuh, aktivitas tidur di malam hari tidak boleh dilewatkan untuk mengistirahatkan diri. Tidur juga merupakan salah satu nikmat Allah SWT yang diberikan kepada setiap manusia, maka sudah semestinya kita harus mensyukurinya.

Seperti yang kita ketahui ketika kita sedang tidur arwah yang bersemayam di dalam tubuh kita akan keluar meninggalkan jasad kita, maka dari itu terdapat beberapa cara yang bisa kita lakukan sebelum tidur salah satunya dengan membaca doa sebelum tidur dan menjalankan adab-adab yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW supaya mendapat keberkahan, sebagai berikut.

1. Tidur dalam keadaan Berwudhu

Sebelum tidur sebaiknya melakukan wudhu terlebih dahulu seperti wudhu ketika saat mau shalat. hadist yang diriwayatkan Al Baro’ bin ‘Azib, Rasulullah SAW bersabda:

إِذَا أَتَيْتَ مَضْجَعَكَ فَتَوَضَّأْ وُضُوءَكَ لِلصَّلاَةِ ، ثُمَّ اضْطَجِعْ عَلَى شِقِّكَ الأَيْمَنِ

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN