Sebelas Nasihat KH. Mufid Mas'ud

 
Sebelas Nasihat KH. Mufid Mas'ud
Sumber Gambar: KH Mufid Mas'ud (foto istimewa)

Laduni.ID, Jakarta – KH. Mufid Mas’ud lahir pada tahun 1928, atau bertepatan dengan hari Ahad Legi 25 Ramadhan, di Solo, Jawa Tengah. Beliau merupakan putra kedua dari tujuh bersaudara. Ayahanda beliau bernama KH. Ali Mas’ud yang kini makamnya berada di kompleks makam Golo Paseban Bayat, Klaten.

Dengan tekad yang bermodalkan Al-Qur’an, pengetahuan keislaman, dan jalinan silaturahim yang erat dengan tokoh-tokoh Islam itu, KH. Mufid berketetapan hati mendirikan pesantren yang hingga kini dikenal dengan Pondok Pesantren Sunan Pandananaran (PPSPA)

Sebagai seorang Kiai dan pendiri pondok pesantren, beliau memberikan banyak nasihat kepada santrinya. Berikut ini beberapa nasihat KH Mufid Mas'ud (Pendiri PonPes Sunan Pandanaran) yang diingat para santrinya:

1. Yen wes hatam Qur'an, kudu riyadhoh diposoni dideres ono jero shalat sampek Al Qur'an benar-benar mendarah daging. (Kalau sudah hatam, Al-Qur'an harus diriyadhohi atau ditirakati dengan puasa, baca hafalan Al Qur'an dalam sholat sampai benar-benar mendarah daging).

2- Kowe wes hatam Qur'an ojo kemaki wes lancar, tur ora sregep nderes, aku iki wes hatam puluhan tahun ngroso durung lancar isih kudu nderes. (kalian itu (jika) sudah hatam jangan sombong merasa sudah lancar, terus tidak rajin tadarrus, saya ini sudah hatam puluhan tahun (tetap) merasa belum lancar sampai sekarang masih harus terus tadarrus)

3. Al Qur'an saiki dideres ibarat koyo ngumbe jamu rasane pahit, ning awak sehat, mengko-mengko nek wes istiqomah nderes rasane manis koyo madu. (Al-Qur'an sekarang dibaca ibarat minum jamu rasanya pahit, tapi menyehatkan badan. Nanti kalo sudah istiqomah dibaca rasanya manis seperti madu)

4. Kabeh santriku ojo sampek wayoh, duwe siji sing gemati diagem sampek mati, nek ono santri sing wayoh engko tak keplaki. (semua santri saya jangan sampai poligami, punya satu yang cinta sampai mati, kalau ada yang poligami saya tempeleng).

5. Aku ora ngaramke rokok, kerono akeh kyai sing podo ngerokok, aku nderek Kyai Munawwir sing ora ngerokok. Dadi kowe kabeh santriku yo ojo ngerokok, cangkem gawe deres Qur'an kok di obong. (saya tidak mengharamkan rokok, karena banyak kyai yang merokok, tapi saya ikut Kyai Munawwir  yang tidak merokok. Jadi kalian kalau jadi santri saya  ya jangan merokok, mulut untuk baca Al Qur'an kok dibakar.)

6- Nek gawe omah diniyati gawe hurmat tamu insya Allah barokah lan gampang rizkine. (kalau bikin rumah diniatkan untuk menghormati tamu, insya Allah barokah dan banyak rizkinya)

7. Ananda semua kalo mau bikin pondok jangan bergantung kepada makhluk, jaluk tenenan nang Gusti Allah liwat Al Qur'an lan Sholawat kanjeng Nabi. (anakku semua kalau ingin mendirikan pesantren jangan bergantung kepada makhluk, mintalah dengan bersungguh-sungguh kepada Allah melalui Al Qur'an dan shalawat kepada baginda Nabi.)

8. Aku ora pingin duwe santri sing dadi muballigh ceramah-ceramah ning subuhe karipan, kaburo maqtan 'indallooh. (saya tidak ingin punya santri yang jadi muballigh rajin ceramah, tapi subuhnya kesiangan.)

9. Ahli Qur'an iku wong kang wedi karo Gusti Alloh, dudu karo makhluk. (Ahli Qur'an adalah orang yang takut kepada Allah, bukan kepada makhluk.)

10. Santriku ojo pengin dadi PNS dadi bature negoro, hidmah nang Qur'an sing tenanan insya Allah mulyo dunyo akhirat. (Santri saya jangan kepingin jadi PNS, jadi abdi negara. hidmah kepada Al Qur'an dengan sungguh-sungguh,  insya Allah mulia dunia akhirat)

11. Ahli Qur'an iku ojo seneng omong kosong, bengi melek ora nderes iku dudu huffadz tapi huffasy (lowo/codot). (ahli Qur'an itu jangan senang bicara tidak berfaedah, malam bangun tidak tadarrus itu bukan huffadz tapi huffasy/kelelawar.)

Dan masih banyak nasehat yang lain yang diterima para santrinya yang belum dicatatkan. Semoga kita bisa mengamalkan dan meneladani beliau Amin.