Sejarah Lahirnya Kitab Jam’u Al-Jawami’

 
Sejarah Lahirnya Kitab Jam’u Al-Jawami’
Sumber Gambar: dok. pribadi/FB Fahrizal Fadhil

Laduni.ID, Jakarta – Sebulan yang lalu saya memulai untuk menghafal kitab Jam'u Al-Jawami' karya Al-Imam Tajuddin Al-Subki (w. 771 H) berbarengan dengan kelas guru kami, Al-Allamah Muhammad Salim Abu Ashi yang mulai menjelaskan isi kitab tersebut.

Awalnya, saya agak kebingungan dengan naskah yang ada. Pasalnya, banyak kalimat yang hilang atau berbeda dengan naskah yang lainnya. Karena biasanya, jika terjadi perbedaan, guru kami hanya memberikan isyarat adanya perbedaan di naskah yang lain, dan jarang menetapkan mana yang betul.

Hingga hari ini saya dikejutkan dengan hadiah dari teman karib saya Faqih Ubaidillah Rozan, yaitu satu naskah kitab Jam'u al-Jawami' yang dicetak dengan manuskrip milik Syekh Muhammad bin Muhammad Al-Barizi Al-Syafi'i, dan manuskrip milik Syekh Shalahuddin Al-Shafadi, sebagaimana yang tertulis di bawah judul kitab. Semoga Allah membalas kebaikan dengan mengakhiri masa jomblonya.

Apa sih kelebihan dua naskah ini? Muhaqqiq kitab memberikan banyak info tentang dua naskah yang dijadikan rujukan beliau untuk mentahqiq. Namun sebelum itu, muhaqqiq kitab terlebih dulu menceritakan bagaimana kisah lahirnya kitab yang agung ini hingga dijadikan "wirid" oleh para ahli ilmu ushul di berbagai belahan dunia.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN