Penanda Akhir Zaman: Sedikit Ulama, Banyak Penceramah

 
Penanda Akhir Zaman: Sedikit Ulama, Banyak Penceramah
Sumber Gambar: dok. pribadi/FB Gus Dewa

Laduni.ID, Jakarta – Cukup sedih ketika mendengar berita wafatnya ulama di zaman ini. Terlebih ulama tersebut adalah ulama Ahlussunnah wal Jamaah yang sangat giat belajar, berdakwah dan memberikan pencerahan yang banyak kepada manusia.

Dan ketika ulama banyak yang wafat, maka akan bermunculan orang-orang tak berilmu berfatwa serampangan tanpa landasan hukum yang jelas. Orang-orang itu sangat pintar berorasi, namun tidak mengerti tentang ilmu fikih atau ilmu syariat. Sehingga usai ceramah, malah akan menimbulkan fitnah dan kebingungan umat. Na’uzubillah min dzalik.

Semua itu tak lain sebabnya adalah minimnya ilmu agama yang dimiliki. Inilah yang telah disabdakan oleh Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wasallam:

سَيَأْتِي زَمَانٌ قَلِيْلٌ فُقَهَاؤُهُ، كَثِيْرٌ خُطَبَاؤُهُ، كَثِيْرٌ سُؤَّالُهُ، قَلِيْلٌ مُعْطُوهُ،الْعِلْمُ فِيْهِ خَيْرٌمِنَ الْعَمَلِ

“Akan datang suatu zaman yang ulamanya sedikit dan penceramahnya banyak, peminta-minta banyak dan yang memberi sedikit, berilmu pada waktu itu lebih baik dari beramal.” (Mu’jamut-Thabrani III/ 341[T1])

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN