Memahami Amalan Membaca Surat Yasin di Malam Nishfu Sya'ban

 
Memahami Amalan Membaca Surat Yasin di Malam Nishfu Sya'ban
Sumber Gambar: Shutterstock, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Syaikh Abdullah bin Shiddiq Al-Ghumari dalam Kitab Husnul Bayan fi Lailatin Nishfi min Sya'ban mencantumkan satu bab untuk membantah apa yang dilakukan kebanyakan orang, yaitu membaca Surat Yasin tiga kali pada saat Malam Nishfu Sya'ban.

Pada bab yang dimaksud, Syaikh Abdullah bin Shiddiq Al-Ghumari menuliskan, bahwa apa yang dilakukan masyarakat setelah shalat Maghrib pada Malam Nishfu Sya'ban, mulai dari membaca Surat Yasin tiga kali dengan niat tertentu, -semisal untuk menunaikan hajat duniawi-, atau shalat khusus dengan niat tertentu, semua hal ini tidak memiliki landasan dari syariat. Menurut beliau, shalat atau membaca Surat Yasin itu tidak sah jika diniati untuk hal-hal yang seperti itu, layaknya pada ibadah, niatnya harus tulus totalitas untuk Allah SWT.

Selanjutnya, beliau mengomentari Hadis yang masyhur di kalangan masyarakat, “Surat Yasin tergantung niat orang yang membacanya.” Beliau mengatakan bahwa yang orang pahami, Hadis ini memberikan artian siapapun yang membaca Surat Yasin dengan niat tertentu, -semisal untuk mempercepat mencari jodoh-, maka dengan berkah Surat Yasin, dia akan dipermudah oleh Allah, sebenarnya Hadis tersebut adalah palsu, dan sayangnya banyak orang yang tertipu.

Kemudian Syaikh Abdullah bin Shiddiq Al-Ghumari menyarankan agar menjauhi segala Hadis palsu dan wajib bagi orang yang mengerti untuk menyebarkan ilmu ini agar orang lain tidak salah dalam memahaminya. Lagi pula masih ada Hadis yang lain, meski Hadis dhaif, tapi itu jauh lebih baik daripada menggunakan hadis palsu. Demikianlah menurut Syaikh Abdullah bin Shiddiq Al-Ghumari.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN