Biografi KH. Zahid Syafi’i Pendiri dan ketua PCNU Kota Blitar

 
Biografi KH. Zahid Syafi’i Pendiri dan ketua PCNU Kota Blitar
Sumber Gambar: foto istimewa

Daftar Isi:

1.    Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1  Lahir

2.    Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1  Pendidikan
2.2  Guru-Guru

3.    Perjalanan Hidup dan Dakwah
3.1  Menjadi Pengasuh Pesantren
3.2  Masa Penjajahan
3.3  Kiprah di Nahdlatul Ulama

4.    Teladan
5.    Chart Silsilah Sanad
6.    Referensi

1. Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1 Lahir
KH. Zahid Syafi’i lahir di Kota Blitar, Jawa Timur. Sifatnya terkenal memiliki sifat yang santun dan zuhud dalam menjalani hidup sehari-hari.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan

2.1 Pendidikan
Semasa mudanya beliau malang melintang menimba ilmu di beberapa pondok pesantren, pondok Pesantren Tebuireng dan mondok di Mojosari Nganjuk. Beliau banyak belajar pada KH. Zainudin Mojosari bersama temannya satu angkatan yaitu KH. Wahab Chasbullah Jombang yang juga merupakan salah satu pahlawan nasional.

2.2 Guru-Guru

  1. KH. Hasyim Asy'ariPesantren Tebuireng
  2. KH. Zainudin MojosariPesantren Mojosari Nganjuk

3. Perjalanan Hidup dan Dakwah

3.1 Menjadi Pengasuh Pesantren
KH. Zahid Syafi'I adalah pengasuh adalah Pondok Pesantren Bustanul Muta'alimin generasi ke-3.

3.2 Masa Penjajahan
Di masa perjuangan kemerdekaan Indonesia KH. Zahid merupakan salah satu tokoh yang sangat dicari oleh belanda dan juga sekutu, kuatnya pengaruh KH Zahid sangat ditakuti oleh pihak belanda, terutama pada masa-masa Agresi Militer Belanda.

Menurut cerita para sesepuh, KH Zahid Syafi'i merupakan pejuang dibalik layar. Dimasa penjajahan Belanda beliau merupakan salah satu anggota Konstituante (jabatan setingkat DPR di masa kolonial) yang banyak berjasa dalam membela hak-hak pribumi dan rakyat Blitar saat itu. 

Selain itu, karena kedekatannya dengan KH. Wahab Khasbullah beliau sedikit banyak ikut memberikan sumbangsih pemikiran dan juga tenaganya dalam resolusi jihad dan juga perjuangan merebut kembali kemerdekaan Indonesia.

3.3 Kiprah di Nahdlatul Ulama
Selain itu, KH. Zahid Syafi'I juga merupakan salah satu pendiri sekaligus yang mengenalkan Organisasi Nahdlatul Ulama di Kota Blitar. Pada tahun 1951 KH. Zahid mengenalkan NU kepada masyarakat sekaligus menjadi ketua yang pertama di Kota Blitar. Kiprahnya dalam dunia dakwah masih bisa kita temui saat ini, yaitu pengajian ahad wage di Masjid Agung Kota Blitar.

4. Teladan
Dalam menjalakan dakwahnya, KH. Zahid Syafi'i mungkin tidak setenar Kiai-kiai dan ulama kondang lainnya. Akan tetapi beliau memiliki ciri khas kesantunan dan kezuhudan yang sampai saat ini masih diteladani oleh santri-santrinya.

Selain itu sifatnya yang zuhud penuh dengan kesederhanaan menjalani hidup. Hingga dalam memberikan pejaran dan pemahaman ilmu agama juga mengajarkan dengan contoh-contoh sederhana dan tidak menggunakan Bahasa yang tinggi. Selalu memberikan contoh sederhana tetapi penuh dengan makna perjuangan dan kezuhudan yang saat ini banyak dikenang masyarakat

5. Chart Silsilah Sanad
Berikut ini chart silsilah sanad guru KH. Zahid Syafi’i dapat dilihat DI SINI.

6. Referensi
Diolah dan dikembangkan dari data-data yang dimuat di situs: blitar.jatimtimes.com


Artikel ini sebelumnya diedit tanggal 9 September 2022, dan kembali diedit dengan penyelarasan bahasa pada tanggal 15 Maret 2024

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya