Doa untuk Separuh Akhir Bulan Sya'ban Sampai Akhir Bulan Ramadhan

 
Doa untuk Separuh Akhir Bulan Sya'ban Sampai Akhir Bulan Ramadhan
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Banyak doa yang diajarkan oleh para ulama agar dibaca di Malam Nishfu Sya'ban. Doa ini sudah sangat masyhur dan telah dilakukan sebagian besar umat Islam, khususnya umat Islam di Indonesia yang begitu semarak berjamaah mengadakan doa bersama di Malam Nishfu Sya'ban dengan diserti membaca Surat Yasin tiga kali. Lalu, biasanya setelah selesai acara pada malam harinya, kemudian paginya, pada tanggal 15 Sya'ban, dianjurkan berpuasa.

Banyak riwayat yang menyebutkan bahwa Sya'ban adalah bulan yang sangat istimewa, khususnya di dalamnya terdapat momentum Malam Nishfu Sya'ban. Di situlah terdapat limpahan rahmat Allah SWT. Bahkan disebutkan pula bahwa malam yang paling mulia setelah Lailatul Qadar adalah Malam Nishfu Sya'ban.

Ketika Malam Nishfu Sya'ban telah dilalui, bulan Sya'ban tetapi merupakan bulan yang istimewa. Karenanya, tetap dianjurkan untuk senantiasa melakukan berbagai amal kebaikan di dalamnya. Salah satu anjurannya adalah dengan membaca berbagai doa kebaikan, dan di antaranya adalah doa yang terdapat di dalam Kitab Ma Dza fi Sya'ban karya Sayyid Muhammad bin Alawi Al-Maliki, sebagaimana berikut ini:

اَللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ كَرِيْمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي، اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ وَالْمُعَافَاةَ الدَّائِمَةَ فِي الدِّيْنِ وَالدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

"Ya Allah...

Dapatkan akses fitur artikel biografi dan chart geneology/ silsilah di Laduni.id secara berlangganan untuk mendukung keberlanjutan dan pengembangan Laduni.id.

Masuk ke Laduni