Biografi KH. Zaeni Nadhif

 
Biografi KH. Zaeni Nadhif

Daftar Isi

1          Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir
1.2       Riwayat Keluarga
1.3       Wafat

2          Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Mengembara Menuntut Ilmu
2.2       Guru-guru Beliau

3          Penerus Beliau
3.1       Anak-anak Beliau

4          Karier
4.1       Karier Beliau

5          Metode Dakwah Beliau

6          Referensi

1  Riwayat Hidup dan Keluarga

 1.1  Lahir
             
   KH. Zaeni Nadhif. Beliau lahir di desa Cangkring, kec. Talang, kab. Tegal pada  5 Agustus tahun 1965 dengan nama lengkap Achmad Zaeni Nadhif.

 1.2   Riwayat Keluarga
             
  Beliau melepas masa lajangnya dengan menikahi seorang wanita bernama nyai Hj. Masithoh dari pernikahan beliau dikaruniai dua orang putera yaitu: Muhammad Khoirul Anam Azzaen, dan Adib Azzaen, serta dua orang puteri, yaitu: Ichya Fauziah Azzaen, dan Evi Azzaen.              

 1.3   Wafat

 Beliau wafat di usia muda 49 tahun pada hari Jum'at, 21 Maret 2014, di rumah sakit Kardinah, Tegal. Oleh pihak keluarga kemudian jenazah beliau dimakamkam di “kampung pesarean” desa Cangkring, Kec. Talang, Kab. Tegal.

2  Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau

 2.1  Mengembara Menuntut Ilmu  

 KH. Zaeni Nadhif kecil menuntut ilmu di Sekolah Dasar (SD) Negeri Cangkring, kemudian melanjutkan jenjang pendidikannya ke Madrasah Tsanawiyah (MTs) hingga Madrasah Aliyah (MA) Darun Najah di bawah naungan Pondok Pesantren Darun Najah, Desa Kajeksan, Kec. Tulangan, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur yang diasuh langsung oleh KH. Masduqi Zakaria (w. 1988).

Kepada KH. Masduqi Zakaria yang notabene merupakan pendiri pesantren Darun Najah, Kajeksan KH. Zaeni Nadhif banyak belajar berbagai fan ilmu agama Islam. Mulai dari ilmu tauhid, fikih, tajwid, ilmu mantiq (logika), ilmu nahwu (gramatikal arab) hingga ilmu shorof (morfologi).

 2.2  Guru-guru Beliau
         
        Guru-guru beliau sewaktu belajar menuntut ilmu adalah:
                KH. Masduqi Zakaria

3  Penerus Beliau

3.1  Anak-anak Beliau 
          

       Anak beliau yang menjadi penerus perjuangan beliau adalah:
       Muhammad Khoirul Anam Azzaen        

4  Karier        

4.1   Karier Beliau             
        1. Da'i
        2. Pengajar di Lembaga Darun Najah

5  Metode Dakwah Beliau

         Metode dakwah yang dipakai oleh KH. Zaeni Nadhif terbilang cukup unik, dan menarik. Beliau begitu sangat terampil dalam mengemas setiap materi dakwahnya dengan sentuhan kalimat-kalimat yang berirama (linguistik) serta dibalut dengan aneka guyonan (humoristik), sehingga pesan dakwah yang telah disampaikan begitu mudah diterima oleh masyarakat yang hadir dalam setiap pengajiannya.

          Selain menggunakan sentuhan lingustik-humoristik, beliau juga menggunakan pendekatan sosio-kultural dalam setiap penyampaian materi dakwahnya. Materi yang diangkat dalam setiap pengajiannya  begitu sangat dekat dengan realita kehidupan sehari-hari masyarakat Tegal dan sekitarnya, sehingga materi dakwahnya pun mudah diterima oleh masyarakat.

         Selain mengisi dakwah dengan materi keagamaan, beliau juga kerap kali mengisi dakwahnya dengan berbagai bumbu kritik terhadap oligarki   yang dipanggungkan dengan renyah jenaka, sehingga instrumen kritik yang disampaikan tetap tersampaikan dengan baik, dan tidak menyakiti perasaan orang yang dikritik.

        Semisal kritik terhadap oligarki yang berkaitan dengan perilaku  korupsi yang dilakukan oleh para pemimpin, dan anggota dewan yang telah menjadi “endemi” di negara ini yang dipanggungkan dengan begitu renyah-jenaka oleh KH. Zaeni Nadhif.

        Linguistik-kritik-humoristik, boleh jadi itulah yang menjadi kekuatan, kunci, dan ruh dakwah dari seorang KH. Zaeni Nadhif, serta menjadi personal branding dalam setiap dakwahnya, sehingga dakwahnya mudah diterima oleh semua lapisan masyarakat, dan kritikannya terhadap oligarki pun tersampaikan dengan apik.

         Tentu personal branding di atas tidak dibangun dalam sekelip mata, namun dibangun dengan berbagai macam usaha, pengalaman, dan spirit dalam hidup KH. Zaeni Nadhif utamanya dalam hal menuntut ilmu. Ditempa dengan dua corak pendidikan berbeda sekaligus (manunggal) formal, dan non formal selama ngangsu kaweruh di kawah candradimuka Darun Najah, Kajeksan, membuat KH. Zaeni Nadhif begitu piawai dalam meramu setiap materi dakwahnya, sehingga tema dakwah yang dibawakan selalu up to date dengan keadaan zaman. Tidak hanya sekadar materi agama semata, namun materi tentang sosial, budaya, dan ekonomi, serta kemajuan zaman juga tidak pernah luput dalam setiap aksi panggungnya.

6  Referensi

         https://alif.id/read/luthfil-hakim/potret-tiga-serangkai-dari-tegal-2-kh-zaeni-nadhif-dai-multitalenta-dari-bumi-japan-van-java-b241567p/

 

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya