Menggapai Kualitas Umur Melalui Ramadhan

 
Menggapai Kualitas Umur Melalui Ramadhan
Sumber Gambar: Foto ist

Laduni.ID, Jakarta - Umur Nabi Muhammad Saw dan umatnya termasuk umat yang memiliki umur yang relatif pendek jika dibandingkan dengan Nabi-Nabi sebelumnya. Nabi Muhammad Saw wafat dalam usia 63 tahun dan umatnya mayoritas sama atau rata-rata di bawah 100 tahun. Bahkan Rasulullah sendiri telah bersabda, “Usia umatku antara 60 hingga 70 tahun. Sedikit antara mereka yang melebihi usia tersebut” (HR. Tirmidzi).32 Sementara umat-umat sebelumnya umurnya panjang mencapai ratusan tahun.

Panjang dan pendeknya umur ini tentu dalam anggapan manusia dapat menyebabkan ketidakadilan. Yang berumur panjang dapat mengumpulkan amal sebanyak-banyaknya dan yang berumur pendek tentu lebih sedikit. Tetapi apakah bentul demikian?.

Ternyata Allah Swt memiliki cara tersendiri agar umur umat Muhammad Saw yang relatif pendek itu dapat mengumpulkan kebaikan sebanyak atau melebihi amal yang dilakukan umat terdahulu. Cara Allah Swt memberikan pahala pada amal-amal tertentu atau amal-amal yang dikerjakan pada waktu tertentu dengan pahala yang berlipat ganda. Seperti Allah memberi pahala setiap kebaikan dengan 10 pahala,...

Dapatkan akses fitur artikel biografi dan chart geneology/ silsilah di Laduni.id secara berlangganan untuk mendukung keberlanjutan dan pengembangan Laduni.id.

Masuk ke Laduni