Nilai Tauhid dalam Puasa

 
Nilai Tauhid dalam Puasa
Sumber Gambar: Foto ist

Laduni.ID, Jakarta - Ciri utama dalam menjalankan ibadah puasa adalah keihklasan dan mengesakan Allah semata. Penanaman nilai tauhid tercermin dalam ibadah puasa, karena semua perbuatannya merasa selalu dilihat oleh Allah Swt. Orang yang sedang berpuasa sangat mudah melakukan kebohongan dengan pura-pura tidak makan dan tidak minum di depan khayalak, tetapi yang beriman merasa selalu diawasi oleh Allah Swt dalam setiap keadaannya.

Saat berpuasa, seseorang sedang melatih diri untuk menghindari rasa riya‟ (pamer) sehingga semua perbuatannya semata-mata karena mengharap ridha Allah Swt. Orang yang sedang berpuasa dilatih untuk menjaga amanah dan bertanggung jawab terhadap seluruh perbuatannya agar terhindar dari kemunafikan.

Ibadah puasa sangat lekat dengan implementasi nilai-nilai tauhid dan jauh dari syirik, baik syirik kecil atau besar. Puasa merupakan ibadah yang sepesial kepada Allah untuk membangun keintiman seorang hamba dengan Tuhannya. Sebagaimana ditegaskan oleh firman Allah Swt. dalam hadis Qudsi yang diriwayatkan oleh Rasulullah Saw: “Setiap amalan manusia adalah untuknya sendiri kecuali puasa. Amalan puasa adalah untuk-Ku. Dan Aku sendiri yang akan...

Dapatkan akses fitur artikel biografi dan chart geneology/ silsilah di Laduni.id secara berlangganan untuk mendukung keberlanjutan dan pengembangan Laduni.id.

Masuk ke Laduni