Ziarah KH. Ibrahim Lirap, Ahli Gramatika dari Kebumen

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah KH. Ibrahim Lirap, Ahli Gramatika dari Kebumen

Daftar Isi

 

Laduni.ID, Jakarta - KH. Ibrahim Lirap beliau adalah ulama kharismatik dengan pengajaran ilmu Nahwu Shorof (gramatika bahasa Arab)dan pengasuh pesantren Miftahul Ulum, yang terletak di Dusun Lirap, Kecamatan Petanahan, Kabupaten Kebumen atau populer dengan sebutan Pesantren Lirap.

Profil

KH. Ibrahim Lirap lahir tahun 1825 di Maesan, sebuah desa di wilayah Kabupaten Kulonprogo. Ketika tumbuh remaja, KH. Ibrahim Lirap muda mulai berguru kepada sejumlah ulama. Di tlatah Jawa pemuda Ibrahim berguru kepada Kiai Bakar di Pesantren Porong (Sidoarjo), Kiai Nawawi di Pesantren Keling (Kediri), dan Kiai Ya’kub di Pesantren Siwalanpanji (Sidoarjo).

Selanjutnya, KH. Ibrahim Lirap menimba ilmu di Tanah Suci sekitar 30 tahun lamanya. Guru beliau semasa di Tanah Suci antara lain Syekh Abu Bakar Satho dan Syekh Zaini Dahlan. Tak hanya menimba ilmu, di Tanah Suci pula KH. Ibrahim Lirap bertemu jodoh.
Ceritanya, waktu itu KH. Abdurrahman Jetis sedang menunaikan ibadah haji. Turut serta bersama anak beliau (Nyai Siti Maemunah) yang berstatus janda sepeninggal suaminya KH Abdul Chalim.

Tanpa proses panjang, KH. Ibrahim Lirap dan Nyai Siti Maemunah pun menikah di Tanah Suci. Setelah akad nikah, pasangan pengantin baru diboyong oleh KH Abdurrahman dari Tanah Suci (Mekkah) ke Tanah Jawa (Jetis Kebumen). Tak lama berselang, KH. Ibrahim Lirap mendapat amanah sang mertua untuk babad ke-Islam-an di Lirap. Amanah tersebut dijalaninya hingga akhir hayat.

Lokasi Makam

Makam KH. Ibrahim Lirap terletak di komplek pemakaman keluarga di pesantren Miftahul Ulum Lirap Kebumen.

Untuk menuju ke pesantren Mihtahul Ulum Lirap segala arah dari luar kota kebumen, yang naik bus turun di Sokka Baru.
Kemudian naik bus jurusan Petanahan. Turun di Pasar Ndorowati kemudian ojek atau naik becak ke pondok Lirap. Atau langsung ngojek dari Sokka Baru ke pondok Lirap.

Sebutkan pondok Lirap wetan kepada pengojek. Karena kadang orang bingung antara pondok modern Bulus dan pondok Salaf Lirap.
Pondok modern Bulus ada di barat pondok Lirap sekitar 400 meter.


Makam KH. Ibrahim Lirap berada di Pesantren Mihtahul Lirap

Haul

Haul KH. Ibrahim Lirap biasanya diadakan pada tanggal 17 syawal di Asrama Pesantren Shorof Nahwu (APSN) Miftahul Ulum Lirap Kebumen.

Fadilah

Fadilah dari ziarah di makam KH. Ibrahim Lirap. Dengan berdoa kepada Allah dengan wasilah KH. Ibrahim Lirap akan mendapatkan keturunan yang shaleh, cerdas, pandai, menjadi sosok yang tangguh dalam berjuang, mencari derajat lebih baik (jabatan).

Oleh-oleh

Oleh-oleh khas Kebumen berupa makanan yang bisa dijadikan buah tangan di antaranya: Lanting, Yutuk, Kue satru, Jipang kacang,
Emping mendem, Sale pisang,