Mental yang Kuat Kunci Meraih Sukses

 
Mental yang Kuat Kunci Meraih Sukses

Assalamu’alaikum wr wb.
Halo mbak Nur, kenalin nama saya A dari Yogyakarta. Seringkali saya menyimak artikel konsultasi psikologi yang diampu oleh mbak Nur, sangat menarik dan menambah wawasan saya mengenai psikologi dan seputar kesehatan mental.

Ada satu hal yang menjadi pertanyaan dalam benak saya dan akhirnya saya beranikan diri untuk menanyakannya pada mbak Nur. Majunya teknologi saat ini bisa memiliki dampak negatif yang bisa mengganggu dan melemahkan mental seseorang. Pertanyaan saya, apa sih yang bisa kita lakukan untuk memiliki mental yang kuat ?
Saya sampaikan banyak terima kasih atas tanggapannya.
Wassalamu’alaikum wr wb.
A – Yogyakarta


Tanggapan :
Wa’alaikumsalam wr wb.
Terima kasih sekali sudah menyimak artikel konsultasi psikologi di laduni.id, semoga bisa memberikan manfaat dan mengembangkan dirimu ke arah yang lebih baik. Pertanyaan yang kamu sampaikan ini sangat krusial di masa sekarang ini, karena mudahnya pembulian melalui sosial media dan juga berita-berita yang tidak tersaring dapat memancing emosi sehingga  memberikan dampak negatif bagi kesehatan mental kita.
Berikut ini tips yang bisa kita lakukan untuk menumbuhkan mental yang kuat :

1. Dekatkan Diri Pada Allah
Mendekatkan diri pada Allah memberikan dukungan yang kuat untuk menjalani kehidupan  dan tegar menghadapi berbagai cobaan yang datang. Mengingat Allah adalah cara yang baik untuk menguatkan mental seseorang dalam menjalani kehidupan sehari – hari, dengan cara beribadah sesuai dengan agama dan keyakinan masing-masing.

Baca juga: Panic Attack Menyerangku

2. Rajin Membaca
Buku adalah jendela ilmu sehingga membaca buku memberikan manfaat edukasional. Membaca  buku juga memiliki efek yang baik untuk kesehatan mental, menurut sebuah literature review oleh Alexander Technological Educational Institute of Thessaloniki, Yunani, berdasarkan banyaknya penelitian, terbukti bahwa membaca memberikan kontribusi pada pertukaran informasi yang lebih baik di antara individu serta meningkatkan kinerja sistem pernafasan dan kardiovaskuler. Saat kita membaca, kita mengaktifkan lobus frontal, di mana semua fungsi otomatis tubuh, termasuk diantaranya fungsi pernapasan dan jantung (Kourkouta, dkk., 2018).

3. Tingkatkan Kemampuan Diri
Banyak cara meningkatkan kemampuan diri, misalnya mengikuti kursus, seminar, pelatihan, membaca buku, bertukar pengalaman dengan orang yang lebih ahli di suatu bidang. Meningkatkan kemampuan diri bisa menumbuhkan rasa percaya diri yang tentunya baik untuk kesehatan mental kita.

4. Abaikan Perkataaan Buruk Orang Lain
Perkataan buruk orang lain tentang kita bisa menjadi penyemangat agar kita bertindak lebih baik, namun jika membuat kendor semangat maka hal terbaik yang harus kita lakukan adalah mengabaikannya.


5. Berpikir Positif
Berpikir positif membuat kita lebih optimis dalam menjalani hari – hari kita dan tentunya memperkuat mental kita apapun yang terjadi.


6. Berlatih Meditasi
Meditasi mempunyai manfaat yang banyak, salah satunya menetralisir emosi – emosi negatif  kita sehingga membuat kita bisa berpikir lebih jernih. Pikiran yang jernih menjadikan kita mampu menyikapi segala permasalahan dan mengambil keputusan dengan bijak. Teknik meditasi yang bisa kita latih contohnya teknik pernafasan dan yoga.

Baca juga: Depresi Atas Kematian Orang Terkasih

7. Berolah Raga
Berolah raga dapat meningkatkan sistem kekebalan di dalam tubuh kita, selain itu olah raga yang dilakukan di lingkungan terbuka di pagi hari dapat menyegarkan dan membuat kita menjadi rileks. Fisik yang sehat dan kuat mendukung kita menghadapi persoalan yang membutuhkan konsentrasi tinggi.

 


8. Hargai Diri Sendiri
Tanamkan pada diri sendiri bahwa diri kita berharga, dengan demikian kita tidak akan diremehkan oleh orang lain. Beri penghargaan untuk diri sendiri setelah melakukan tugas yang berat.

 

9. Berani Ambil Risiko
Tidak ada ruginya kita mengambil kesempatan dengan memperhitungkan risikonya. Jika berhasil tentunya akan memberikan kepuasan kepada diri kita sendiri, kalaupun gagal bisa memperkaya pengalaman dan menuntun kita untuk mengambil keputusan saat menemui persoalan yang sama.

10. Latih Empati
Bertindak berdasarkan empati  membuat sadar ada banyak orang di sekitar kita yang mengalami kesulitan. Hal ini membuat kita tidak terpusat pada kesulitan diri sendiri dan lebih ringan dalam menjalani kehidupan.

Ada banyak hal lain yang bisa kita lakukan untuk  memperkuat mental kita, kalian bisa membaca buku – buku tentang pengembangan diri atau sejenisnya. Semoga bermanfaat ya.


Wassalamu’alaikum wr wb.
Salam Hormat
Nur Chasanah, S. Psi
Pengampu Konsultasi Remaja siap Nikah Usia 25 Tahun